Foto (Ist)

PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan bakal merubah design pada bagian atap kantor Gubernur Sumsel seperti design pada awalnya. Perubahan design pada atap ini akan menelan dana sekitar 9 Miliar.
Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Sumsel, Muhammad Zaki Aslam mengatakan, perubahan design atap kantor gubernur ini intruksi dari Gubernur Sumsel. Saat ini, pihaknya sedang dalam progres design oleh arsitek.
“Ya, rencana itu jadi dan kita saat ini sudah tahap mendesign. Bagian atapnya saja yang dirubah nantinya,” kata Zaki saat diwawancarai di ruangannya, Senin (24/12/2018).
Zaki menjelaskan, design ini sendiri menelan dana sekitar 9 Miliar dengan menggunakan APBD 2019. “Jadi mulai dikerjakannya tahun depan, target kita 2019 itu harus selesai,” jelasnya.
Meskipun merubah design, lanjut Zaki, design kantor gubernur itu akan dikembalikan seperti semula sesuai dengan sejarah. Paca bagian atapnya nanti akan menggunakan Sirap (kayu).
“Kita design ulang itu pak Herman Deru ingin mengembalikan design seperi semula. Design ini juga kan bisa merapikan, mengatur ulang saliran/saliran agar lebih rapi,” ungkapnya.
Sebelumnya, sejak pertama kali kerja, Rabu (3/10) Gubernur Sumsel Herman Deru berniat akan mengembalikan ke bentuk asli. Menurutnya, Kantor Gubernur Sumsel menyimpan sejarah yang panjang dan merupakan salah satu cagar budaya yang dimiliki Sumsel sehingga harus dipertahankan keasliannya.
“Saya mau kembalikan ke bentuk asli, akan saya cari tahu bentuk asli bagian depan Kantor Gubernur Sumsel ini, itu yang akan saya kembalikan,” tutupnya