img_9846

Walikota Palembang saat turun langsung telusuri anak-anak sungai dan pantau titik-titik banjir di Palembang

PALEMBANG,HS – Kawasan Sekip, Sekojo dan Kalidoni menjadi kawasan dengan kondisi banjir paling parah dibanding tempat lain. Seperti di kawasan Sekojo, Kelurahan 2 Ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang, yang hingga saat ini genangan air masih terjadi.

Melihat kondisi itu, Walikota Palembang, Harnojoyo bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Pengendalian Sumber Daya Air (BM-PSDA), langsung menelusuri penyebab genangan air yang terjadi diwilayah Sekojo yang diketahui paling parah dan menimbulkan korban jiwa, satu anak meninggal dunia.

Dari hasil penelelusuran untuk mencari titik utama penyebab banjir yang terjadi, anak sungai buah yang berada di dalam komplek PT Pupuk Sriwijaya (Pusri), diketahui menjadi penyebab lambannnya genangan air surut.

Bahkan, PT Pusri ditenggarai menjadi penyebab banjir Kota Palembang, karena disalah satu titik aliran air sungai buah menuju sungai musi terdapat tembok pembatas yang menghalangi aliran air.

Seperti di kutip dari Rmol ,Walikota Palembang melakukan diskusi dengan pihak Manajemen PT Pusri (Persero) yang diwakili Direktur SDM dan Umum, Bob Indiarto A Susatyo, diketahui pihak perusahaan pupuk terbesar di Sumatera tersebut, PT Pusri baru membuka pembatas saluran air pada jam 12 malam dan pagi hari.

Melihat kondisi ini, Harnojoyo pun melakukan negosiasi dengan pihak PT Pusri agar segera melakukan pembongkaran terhadap tembok pembatas yang menutupi aliran anak sungai buah, penyebab utama terjadi penyempitan aliran.

“Langkah jangka panjang besok (hari ini) kita langsung bongkar tembok ini oleh Dinas PU dibantu pihak PT Pusri. Karena, terjad penyempitan aliran saat hendak ke sungai,” jelasnya.

Harnojoyopun bersyukur, dari hasil kesepakatan, PT Pusri berjanji akan segera melakukan pembongkaran terhadap tembok yang menjadi penghalang. Dengan begitu, mudah-mudahan mengurangi genangan air disekitar wilayah ini.

“Alhamdulillah, sambutan PT Pusri cukup baik. Bahkan, langkah kedepannya, akan dibangun pompansasi di kawasan tersebut,” tandasnya.(*)