PALEMBANG,HS – Saat Asian Games nanti pembangunan jembatan musi lV terancam tak selesai dikarenakan terkendala pembebesan lahan..

Proyek yang menggunakan anggaran provinsi ini Jembatan Musi VI. Meski ditarget harus selesai sebelum pelaksanaan Asian Games, namun hal itu sulit diwujudkan. Mengingat, saat ini saja, permasalahan pembebasan lahan masih menjadi bayang-bayang faktor penghambat pembangunan jembatan yang menghubungkan Jalan Sultan Mansyur (Seberang Ilir) dan Jalan Faqih Usman (Seberang Ulu) Palembang.

“Masalahnya hanya satu, lahan yang dipakai untuk pilar I, 2, 3 (bagian Seberang Ilir) dan pilar 11 (bagian Seberang Ulu) belum bebas,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen Jembatan Musi VI Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Joko Saputra Selasa (13/3/2018).

Berdasarkan catatan pihaknya, di Seberang Ulu ada sekitar 4-5 rumah yang belum dibebaskan. Sementara di Seberang Ilir tercatat ada sekitar 20-25 rumah.

“Berdasarkan infomasi dari bagian pembebasan lahan, tinggal pembayaran saja,” pungkasnya

Ia menerangkan, secara keseluruhan saat ini progres pembangunan jembatan baru mencapai 61,017 persen. Progres ini sendiri mengalami deviasi sekitar 0,1 persen dari progres seharusnya.

Karena belum bisa dikerjakan pada bagian lahan yang belum dibebaskan, maka kontraktor PT Nindya Karya fokus pada pengerjaan bagian bentang jembatan atas. Untuk bentang jembatan di pilar 4 sampai pilar 6 dan pilar 8 hingga pilar 10 tinggal pemasangan besi dan pengecoran lantai jembatan. Namun untuk pilar 7-8, bentang jembatan baru tersambung dan saat ini sedang baut. Pilar 7-8 ini memiliki bentang jembatan sepanjang 200 meter,” ucapnya.

Ia mengaku pada bagian polar 7-8 ini dinilai sebagai bagian yang paling krusial dan memerlukan kehati-hatian dalam memastikan kekuatan jembatan dan bautnya. Selain bentang yang cukup panjang, pilar 7-8 ini merupakan poros tengah jembatan.

“Sekarang sedang kami kerjakan pengencangan baut. Sebelum maret ini berakhir, semua selesai. Sehingga kita tinggal pemasangan besi dan mengecor lantai jembatan,” ungkapnya

Ia mengungkapkan, pihaknya telah memaksimalkan pengerjaan jembatan ini. Bahkan iklim yang saat ini dominan turun hujan, tidak menjadi kendala dalam pembangunan.

“Kita saat ini menunggu pembebasan lahan selesai. Dan kita berharap dalam waktu dekat bisa selesai sehingga target sebelum Asian Games selesai bisa kita wujudkan,” jelasnya