PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus kebut pembangunan, Masjid Sriwijaya dan diharapkan sebelum penyelenggaraan Asian Games nanti secara fungsional bisa digunakan untuk ibadah.

Pembangunan Masjid Sriwijaya tersebut disokong pendanaanya oleh Pemprov Sumsel, langkah lain yang dilakukan ialah dengan menggandeng donatur dalam dan luar negeri, Khusus untuk donatur luar negeri, yang sudah dilakukan pendekatan berasal dari Saudi Arabia, Iran Kuwait, dan Qatar.

“Rektor UIN beberapa waktu lalu sudah ke Iran dan berjumpa donatur untuk membantu dan rencananya dalam waktu dekat kami berencana ke Iran lagi, untuk menindaklanjuti komitmen yang telah disampaikan donatur,” ujar Marwah M Diah, Ketua umum Yayasan Wakaf Masjid Sriwijaya Palembang, Selasa (6/2/2018) sore usai rapat kordinasi di Pemprov Sumsel.

Menurutnya, jika pembangunan masjid yang memiliki luas bangunan 8 Ha dan Luas tanah 15 Ha tersebut memerlukan dana berkisar Rp 668 Miliar. Namun hingga saat ini, dana yang terkumpul baru Rp 130 Miliar, itupun berasal dari dana Pemerintah Provinsi.

Ia juga menjelaskan, Total Rp 130 Miliar tersebut digelontork Pemprov Sumsel  yakni sebesar Rp 50 Miliar di tahun 2016 dan Rp 80 Miliar di 2017 kemarin.

“Jadi kurangnya cukup banyak. Namum tekad kami, pemprov, yayasan dan panitia tak surut sedikitpun. Kita akan tetap berusaha dan yakin saat Asian Games bisa fungsional bisa dipergunakan. Terlebih, mayoritas penduduk di Indonsia 90% adalah umat Islam,” katanya

Ia menambahkan, jika saat ini progress pembangunan baru pada tahap pemasangan pondasi atau baru berkisar 20% dari total presentase pembangunan.

Pembangunan masjid yang juga masuk dalam Komplek Islamic Center itu, tak menemui kendala berarti. Sebab, sengketa pembebasan lahan sudah terselesaikan, hanya tinggal 1-2% yang masih dalam proses penyelesaian sengketa.

“Sengketa itu hanya tinggal yang kecil-kecil saja. Mereka banyak yang mengklaim belum dibayar, padahal sebenarnya sudah diselesaikan sudah sejak lama, banyak yang bodong,” tuturnya

Nantinya, di kawasan Masjid Sriwijaya Palembang ini akan dilengkapi beragam fasilitas mulai dari tempat wudhu, mihrab, gedung serbguna, perpustakaan, boarding school, lokasi bisnis syariah, dan masih banyak lagi.

“Secar konsep masih tetap sama, smart building dan ramah lingkungan,” jelasnya