PALEMBANG,HS – Tim Kesehatan Sriwijaya Sumatera Selatan yang dilepas Gubernur Sumsel Herman Deru pada Rabu malam (2/10/2018) lalu sudah sampai di lokasi Gempa Bumi dan Tsunami Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah dan langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada korban gempa dan tsunami 7,4 skala ritcher.
Ketua Tim Kesehatan Sriwijaya Sumsel, Dr. Alsen Arlan mengatakan, 15 tim relawan Sumsel sudah tiba di lokasi gempa dan tsunami sejak hari Kamis lalu. Menurutnya, di hari pertama tim kesehatan langsung memberikan pelayanan kesehatan namun masih bergabung di posko TNI.
“Kita sudah sampai di lokasi sejak hari Kamis dan langsung memberikan pelayanan kesehatan. Hari pertama kita masih bergabung di posko kesehatan TNI,” ungkap Dr. Alsen Arlan.
Lanjut Dr. Alsen Arlan, di hari kedua sampai saat ini tim relawan Sumsel sudah membangun posko kesehatan sendiri dan menyediakan beberapa tenda-tenda pelayanan kesehatan di bantu oleh tim relawan lainnya dari berbagai daerah.
“Sejak pertama kita langsung membantu pembersihan rumah sakit, memberikan pelayanan kesehatan di tenda, kemudian melakukan operasi dan perawatan pasien di Rumah Sakit Daerah serta memberikan bantuan sembako kepada korban gempa,” ujar Dr. Alsen Arlan.
Saat diwawancarai via telepon, Dr. Alsen Arlan dan tim terdengar sibuk sambil melayani pasien di tenda pelayanan kesehatan, sehingga telepon sempat terputus beberapa kali. Bahkan, Dr. Alsen Arlan sempat megirimkan pesan singkat meminta agar wawancara dilanjutkan 1 jam lagi karena masih melayani pasien.