PALEMBANG,HS –  Tim sukses dan relawan Pasangan Calon (Paslon) no urut 3 Ishak Mekki – Yudha Pratomo Mahyuddin menemukan indikasi dugaan program visi misi yang diplagiat oleh beberapa Paslon lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Humas tim Ishak-Yudha Command Center, Gusti Randa.

Ia mengatakan tim relawan Ishak-Yudha menemukan Empat Program visi misi andalan yang di Copy Paste (Copas) oleh Paslon Gubernur yang lainnya.

“Tim dan relawan kami di daerah menemukan Empat program andalan Ishak-Yudha yang terindikasi diplagiat oleh Paslon yang lain,” kata Gusti, Minggu (11/3).

Empat Program visi misi yang di Copy Paste (Copas) oleh Paslon yang lainnya yang diubah saat ini yakni pertama, benahi pasar dan hilirisasi perkebunan dan pertanian, kedua,  bina kehidupan religius bangun rumah tahfiz dan insentif guru ngaji, ketiga, Buka wawasan rakyat bangun taman bacaan dan internet desa, dan keempat, pengentasan kemiskinan, bantuan modal dan bedah rumah.

Dengan dugaan terindikasi diplagiat, lanjut Gusti, dirinya menyayangkan hal tesebut. Menurut Gusti, visi misi yang ditiru adalah karya intelektual dari tim Ishak-Yudha.

“Sebenarnya kami bangga visi-misi Ishak-Yudha ini diplagiat dan ditiru oleh Paslon lainnya, tetapi kami tidak nyaman ketika kami terjun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan program nantinya dibilang kok hampir mirip program dengan Paslon  yang lain. Itu yang membuat kami kecewa dan kurang nyaman,” tegasnya.

Saat ditanya mengenai apakah akan mengambil langkah hukum atau tidak, Gusti menjelaskan, dirinya saat ini belum memikirkan hal tersebut.

“Belum kami pikirkan soal itu. Untuk saat ini kami hanya menyiapkan langkah-langkah cara yang didesak oleh relawan di daerah agar tidak diplagiat lagi oleh Paslon yang lain,” katanya.

Ia menambahkan, dirinya mengajak semua Paslon untuk mensosialisasikan program visi misi hasil karya sendiri dan memberikan pembelajaran kepada masyarakat sehingga melalui program yang ditawarkan demi pembangunan Sumsel kedepannya

“Kalau visi misi saja diplagiatkan meniru dan bukan hasil pemikiran sendiri gimana mau mengaplikasikannya jika terpilih nantinya,” jelasnya