Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Pirin Siregar saat menyampaikan sambutan.

EMPATLAWANG, HS – Desa Muara Danau, Kecamatan Lintang Kanan terpilih mewakili Kabupaten Empatlawang dalam ajang lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2017 tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Karena itu, Tim penilai BBGRM tingkat Provinsi Sumsel yang dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Pirin Siregar menyambagi desa tersebut dalam rangka melakukan penilaian, Selasa (21/3).

Kepala DPMD P3A Kabupaten Empatlawang, Alhumaidi Saman dalam laporannya dalam acara penilaian tersebut mengatakan, ditunjuknya Desa Muara Danau sebagai wakil Kabupaten Empatlawang dalam kegiatan BBGRM tahun 2017 tingkat Provinsi Sumsel ini dikarenakan desa tersebut sebelumnya menjadi terbaik ke-1 di ajang BBGRM tingkat Kabupaten Empatlawang, pada tahun 2016 lalu.

“Harapannya desa ini dapat menjadi desa terbaik di BBGRM tahun 2017, tingkat provinsi dan dapat mewakili Provinsi Sumsel di tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Empatlawang, H Syahril Hanafiah melalui Assisten 1 Setda Empatlawang, Lukman Panggarbessy menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim penilai yang telah hadir di Desa Muara Danau Kecamatan Lintang Kanan ini dalam rangka melakukan penilaian BBGRM tingkat Provinsi Sumsel.

Dia berharap, melalui kegiatan ini menjadi motivasi seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan semangat gotong royong di tengah masyarakat,

“Karena kelestarian gotong royong tergantung bagaimana kita menanamkan semangat nilai-nilai gotong royong kepada anak-anak generasi penerus kita. Sebab mereka inilah pemegang masa depan,” kata Lukman.

Menurut Lukman, kegiatan lomba yang merupakan agenda tahunan dari tingkat Desa/Kelurahan hingga tingkat nasional seperti BBGRM ini kemenangan bukanlah merupakan tujuan utama namun bagaimana menumbuhkembangkan kebersamaan di tengah masyarakat dan nilai-nilai budaya gotong royong itu sendiri yang menjadi tujuan utama.

Apa lagi saat ini sikap kebersamaan kegotongroyongan di tengah masyarakat sudah mulai tergilas oleh zaman, masyarakat lebih cendrung individualis dan kompetetif, lebih menonjolkan persaingan dari pada kebersamaan tanpa memikirkan hak dan kepentingan orang lain.

“Karena itu kami mempersilahkan tim untuk melakukan penilaian dan sekaligus melakukan pembinaan di desa ini, sehingga adanya kekurangan menjadi bahan kami untuk melakukan perbaikan di masa depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pemdes, DPMD Provinsi Sumsel, Pirin Siregar menyampaikan ucapan terimakasihnya ke Pemkab Empatlawang dan DPMD P3A Kabupaten Empatlawang, serta masyarakat di Desa Muara Danau yang telah menyambut pihaknya dalam melakukan tugas penilaian.

“Atasnama seluruh tim kami sangat berterima kasih atas penyambutan yang baik dari masyarakat Desa Muara Danau dan Pemkab Empatlawang,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Muara Danau, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empatlawang, Muhammad Mawarzi mengaku optimis jika desanya dapat menjadi terbaik di ajang BBGRM tingkat Provinsi Sumsel, tahun 2017 kali ini,

“Mudah-mudahan kita dapat menjadi yang terbaik. Kalau upaya, tentu kita sudah semaksimal mungkin, mempersiapkan diri,” katanya. (ELW)