Tim Sepakbola PON Sumsel yang bertanding di PON XIX Jabar lolos ke babak 8 besar sebagai peringkat tiga terbaik.

Tim Sepakbola PON Sumsel yang bertanding di PON XIX Jabar 2016.

BANDUNG, HS – Sore ini, Selasa (20/9) tim sepakbola Sumsel akan berhadapan dengan tim sepakbola Papua pada babak 8 besar PON XIX Jawa Barat 2016.

Menghadapi babak 8 besar, pelatih tim sepakbola Sumsel Rudy William Keeljtes melalui Asisten Manajer Bambang Supriyanto, optimistis tim Sumsel dapat mengalahkan Papua dan merebut medali emas sepakbola PON.

Menurutnya, Sumsel beruntung lolos ke semifinal PON Jabar 2016 dari seleksi peringkat tiga grup terbaik. Sumsel kembali dinaungi keberuntungan kedua karena di 8 Besar tidak berjumpa tim tuan rumah Jawa Barat.

(Baca: Meski Kalah, Tim Sepakbola PON Sumsel Lolos ke Babak 8 Besar)

“Ya, memang kami beruntung tidak bertemu langsung dengan Jabar pada babak 8 Besar ini. Tapi, terlepas dari itu, kami memang harus berbenah dan mengevaluasi dari tiga pertandingan kemarin,” ungkapnya.

Tim Sumsel mengakui saat ini ada beragam kekurangan, namun saat bentrok dengan Papua, semua pemain harus mengantisipasi apapun bentuk strategi Papua.

“Kami masih dalam trek target medali emas. Tapi evaluasi harus dijalankan para pemain,” jelasnya.

“Emosi anak-anak sering tidak terkontrol dan bermain kurang tenang. Memang kami ada kapten tapi tim butuh jenderal lini tengah untuk mengatur ritme. Itu yang dikhawatirkan saat ini,” ujarnya.

Manda Cingi yang diharap bisa berperan sebagai pemimpin, juga belum bisa maksimal. Manda tipe pekerja keras dan tidak memiliki tipikal pemikir. “Dalam tim semuanya sama, hanya ada Andes. Tapi Andes pemain belakang,” katanya.

(Baca Juga: Sriwijaya FC Rekrut Pemain Muda Andes Adinata )

Terpisah, Pelatih tim PON Papua, Chris Yarangga mengatakan, meski mereka berpredikat sebagau juara Grup C, namun tetap saja masih mengevaluasi permainan anak-anak Papua yang masih lemah dalam penyelesaian akhir. (MIM)