PALEMBANG,HS – Kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 Kodim 0418/Palembang di Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Kota Palembang baru berlangsung dua hari. Memasuki hari kedua (Rabu, 27/2/2019), pelaksanaan TMMD ini mendapat kunjungan dari Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabesad Letkol Inf Tri Aji dan Letkol Inf Yuni Hartono.

Pantauan di lapangan, ketika kunjungan dan penijuan berlangsung, Tim Wasev juga mengunjungi Posko TMMD dan meninjau beberapa sasaran fisik, yang disambut oleh Komandan Satgas yang juga sebagai Komandan Kodim 0418/Palembang, Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. beserta para Komandan SSK dan SST TMMD.
Pada kesempatan tersebut, dihadapan Tim Wasev dari Mabesad, Dandim 0418/ Palembang, Letkol Inf Honi Havana, M.MDS., memaparkan tentang sasaran fisik dan non fisik pada pelaksanaan program TMMD ke-104 Tahun 2019 Kodim 0418/Palembang.
“Sejumlah sasaran fisik yang sedang dalam pengerjaan pada program TMMD ini, yakni pembuatan jalan penghubung antara Kampung Pulokerto menuju Kampung Sungai Lacak sepanjang 2 Km lebar 6 meter dan pemasangan gorong-gorong sebanyak 2 titik, rehab Masjid At-Taufik, pembuatan jembatan panjang 6 meter lebar 4 meter, pembuatan Pos Kamling 3 unit dan pembuatan MCK 3 unit, yang kesemuanya belum ada yang selesai”, ujar Dandim.
Masih dalam paparannya, sedangkan sasaran non fisik yaitu Bhakti Sosial berupa pengobatan gratis, sunatan massal dan donor darah serta melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang bela negara, penyuluhan tentang hukum, penyuluhan tentang keagamaan, penyuluhan tentang Bios 44, penyuluhan tentang pertanian, perkebunan dan perikanan. 
Sementara itu, Letkol Inf Tri Aji, Tim Wasev dari Mabesad mengatakan, bahwa program TMMD bukan hanya sebatas pembangunan fisik infrastruktur ditengah masyarakat saja, namun hal besar adalah bagaimana menyatukan TNI dan masyarakat. “Ini bagian dari memelihara persatuan dan kesatuan. Kami meminta hasil pembangunan nantinya dijaga dan dipelihara sebaik-baiknya agar dapat bermanfaat dan bertahan lama, sehingga akan menjadi penunjang dan pendukung bagi aktifitas masyarakat disini”, kata Letkol Tri Aji saat di lokasi.