197665_penyerang-tim-nasional-indonesia--boaz-solossa_663_382

SOLO, HS – Timnas Indo¬nesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0 pada laga uji coba perdana interna¬sional yang digelar di Stadion Manhan, Solo (6/9). Dua gol dicetak oleh kapten Indonesia, Boaz Salossa, dan satu gol dic¬iptakan oleh Irfan Bachdim.

Timnas Garuda yang ber¬main di kandang sendiri lang¬sung menekan sejak menit pertama. Pertandingan baru berjalan enam menit, Indone¬sia mampu membuka gol mel¬alui tendangan dari Boaz Sa¬lossa setelah pemain belakang Malaysia melakukan kesalahan dalam mengantisipasi bola, skor 1-0 Indonesia unggul.

Tidak butuh waktu lama In¬donesia menggandakan keung¬gulan, kali ini gol Irfan Bachdim pada menit ke -11 setelah se¬belumnya kerjasama yang baik antara Andik Vermansyah yang mengirimkan bola kepada Boaz dan diteruskan ke Irfan Bachdim. Skor berubah 2-0.

Tertinggal dua gol mem¬buat Harimau Malaysia meningkatkan intensitas serangan, pada menit ke-14 Bayu Pradana melaku¬kan pelanggaran terhadap Brendan Gan Seng Ling di dekat kotak 16. Amri yang maju sebagai eksekutor be¬lum mampu memperkecil kedudukan.

Malaysia melakukan pergantian pada menit ke-15, Brendan Gan Seng Ling tidak mampu melanjutkan permainan setelah men¬galami cidera dan diganti¬kan oleh Veenood al Subra-maniam.

Keunggulan 2-0 mem¬buat Indonesia bermain ny¬aman dan menguasai per¬mainan dengan serangan yang dibangun melaui bola pendek. Pada menit ke-21 Boaz Salossa mampu membawa Indonesia kem¬bali unggul setelah terjadi kemelut dalam kotak pin¬alti Malaysia. Skor berubah menjadi 3-0 dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Pelatih Timnas Indonesia mencoba memasukkan pe¬main pengganti. Pemain muda Lerby Eliandry masuk menggantikan Boaz, dan Irsyad Maulana mengganti¬kan Zulham Zamrun.

Meski Indonesia unggul, namun serangan terhadap pertahanan Malaysia tidak kendur, pada menit ke-47 Irfan mendapatkan peluang setelah melakukan akseler¬asi dalam kotak pinalti. Na-mun sayang tendangannya masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Khairul Fahmi.

Indonesia kembali men¬dapatkan peluang emas, kali ini melalui pemain yang bermain di Liga Malaysia, Andik Vermansyah setelah mendapatkan umpan ma¬nis dari Evan Dimas yang mengirimkan bola kede¬pan. Melihat posisi penjaga gawang Malaysia maju ke depan membuat Andik mel¬akukan percobaan melaui tendangan jarak jauh. Na¬mun tendangannya masih bisa diantisipasi.

Meski terus tertekan, Malaysia tetap mendapat¬kan peluang untuk mem¬perkecil ketertinggalan, peluang kali ini didapatkan oleh Amri setelah berhada¬pan satu lawan satu dengan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa. Namun tendan¬gannya masih melenceng keatas mistar gawang Indo¬nesia.
Hingga akhir pertandin¬gan, skor tetap tak berubah. Indonesia unggul 3-0 atas Malaysia. (AND)