PALEMBANG, HS – Tim nasional sepak bola Putri Indonesia gagal melaju ke babak semifinal AFF U-16 Girls Championship 2018 di Palembang, Sumatera Selatan. Di laga pamungkas grup B, timnas Indonesia takluk 0-2 dari Laos, Minggu (6/5).

Bertarung di Stadion Atletik, Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, timnas langsung tertinggal ketika laga baru berjalan empat melalui gol Pe Pe. Laos menutup kemenangan melalui gol Inthida Khounsy di menit ke-53.

Dengan hasil ini timnas Garuda tertahan di peringkat tiga klasemen akhir grup B. Sementara kemenangan yang diraih Laos mengantarkan mereka melaju ke babak empat besar. Laos finish di posisi kedua dengan perolehan enam poin.

“Pertandingan hari ini menentukan langkah kami menuju ke babak selanjutnya, namun kami gagal memaksimalkan peluang. Kami ucapkan selamat kepada Laos,” kata Pelatih Indonesia Rully Nere, usai pertandingan.

Menurut Rully, kegagalan timnas meraih kemenangan karena gol cepat yang dicetak Loas. Gol tersebut diakui Rully membuat anak asuhnya panik dan sulit keluar dari tekanan.

“Permainan anak-anak sulit berkembang karena gol cepat Laos. Anak-anak sudah tampil maksimal namun keberuntungan tetap tidak berpihak,” jelas Rully.

Di tempat berbeda, timnas Thailand tampil digdaya atas Kamboja. Duel kedua tim yang tersaji di Stadion Madya Bumi Sriwijaya sukses dimenangkan Negeri Gajah Putih 4-0. Gol Thailand dicetak Yadaporn Meelun dimenit ke-25 serta hattrick Janista Jinantuya masing-masing di menit ke 41, 55 dan 76.