PALEMBANG, HS – Sebelum menghadapi Piala AFF di bulan Juli dan Asian Games pada Agustus 2018, tim nasional sepakbola putri Indonesia akan terlebih dulu melaksanakan serangkaian laga ujicoba. Thailand menjadi lawan yang dipilih dan akan dihadap dalam dua pertandingan.

Laga persahabatan kedua tim akan berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Minggu (27/5) dan Stadion Bumi Sriwijaya tiga hari berselang, Rabu (30/5).

Laga ujicoba ini sendiri untuk mengukur kemampuan timnas. Dengan kekuatan lawan yang berada di atas Indonesia, diharapkan dapat menjadi tolak ukur sejauh mana kemampuan skuad Merah Putih dan kesiapan tim menghadapi lawan yang jauh lebih tangguh.

“Ujicoba ini kita persiapkan untuk menguji kekuatan dan mental tim menghadapi Piala AFF. Mengenai hasil kami sangat realistis,” kata Pelatih Timnas Putri Indonesia Satia Bagdja, pada sesi konferensi pers di Hotel The Zuri Palembang, Sabtu (26/5).

Menurut Satia, timnya sudah beberapa kali menghadapi laga ujicoba. Hanya saja, lawan yang dihadapi tidak mempunyai kualitas yang setara. Menghadapi Negeri Gajah Putih merupakan ujian sesungguhnya karena tim yang dihadapi berada di level yang berbeda.

“Selama ini lebih banyak ujicoba dengan tim pria dan kita bisa menang. Namun yang menjadi catatan, pertandingan itu tidak bentur badan, artinya kita bisa saja kalah. Karena itu menghadapi Thailand merupakan ujicoba ril yang mempertemukan dua tim sepadan,” jelas Satia.

Bagi Satia, menghadapi Thailand merupakan kesempatan berharga yang harus dimaksimalkan. Para pemain yang mayoritas direkrut dari Piala Pertiwi harus bisa mengimbangi lawan yang punya kekuatan di level Asia.

“Kita berbeda dengan lawan yang punya ranking FIFA, sementara kita no ranking. Pemilihan pemain juga bukan kompetisi dan sangat realistis kita tidak membebani target tinggi,” ujar Satia.

Sementara Pelatih Thailand Nuengrutai Srathongvian mengucapkan terimakasih terhadap federasi sepakbola Indonesia atau PSSI yang telah mengundang mengajak berujicoba.

Baginya, menghadapi Indonesia merupakan kesempatan bagus untuk menguji perkembangan tim yang sudah beberapa kali menghadapi laga persahabatan.

“Kami kesini membawa para pemain terbaik. Semoga permainan besok bisa menyenangkan dan bisa dinikmati para penonton,” ujar Nuengrutai Srathongvian.