TC Timnas U19

JOGJAKARTA, HS – Skuad Garuda Muda menggelar training camp (TC) di Kompleks Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mempersiapkan diri menghadapi Turnamen AFF U-19 Championship 2016 di Hanoi, Vietnam.

Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-19, Eduard Tjong mengungkapkan kabar terbaru dari anak-anak asuhnya selama TC berlangsung hingga hari ini. Dari segi persiapan tim makin baik, hanya sedikit yang mengkhawatirkan adalah kondisi tiga anak asuhnya yang kemarin sempat terkena virus cacar air.

Akibatnya, nama-nama seperti Arizky Wahyu Satriya, Nevvi Duaramury dan Habibi absen dari tes fisik, kemarin. Sebelum ketiga pemain tersebut, Satria Wardana lebih dulu terpapar virus tersebut, namun sudah sembuh dan tadi sore sudah menjalani sesi latihan.

“Persiapan makin baik, yang bisa saya sampaikan sampai saat ini adalah kendala mengenai masalah menjaga kondisi pemain belakangan ini yang menjadi kekhawatiran saya dan pelatih lainnya. Apalagi kemarin ada tiga pemain saya (Rizky, Nevvi, dan Habibi) terkena virus cacar air. Sebelumnya Satria. Namun hingga kini kondisi ketiganya sudah membaik. Satria juga sudah ikut latihan kembali,” ungkap Edu seperti dilansir laman resmi PSSI.

Edu mengungkapkan jika ketiga pemain tersebut diliburkan dari sesi latihan juga diisolasi tidak bergabung dulu dengan dengn pasukan Garuda muda lainnya.

Dengan absennya tiga pemain U19 tersebut tentu sedikit banyaknya akan mempengaruhi latihan taktik, untuk mengantisipasi hal tersebut, Edu mengundang pemain UNY untu tetap menjaga hal tersebut, hal ini dikarenakan ketiganya itu merupakan pemain inti.

“Jadi untuk memecahkan masalahnya bicara dengan staf pelatih bahwa jangan sampai kami memiliki tempo latihan yang salah. Latihan fisik kami kurangi, mulai besok latihan hanya satu kali saja. Itu untuk menjaga kondisi fisik mereka tidak jatuh. Porsi latihan nanti akan diubah menjadi 60% latihan taktik dan 40% fisik.”

Edu pun telah menginstruksikan kepada Tim Medis untuk melakukan pengobatan yang intensif guna mempercepat proses penyembuhannya.

“Saya katakan pada tim medis, untuk memberikan ekstra vitamin dan obat-obatan kepada ketiga pemain saya itu. Semoga di dua atau tiga hari kedepan mereka bisa sembuh,” ucap Edu. (AND)