Foto: IST

PALEMBANG, HS – Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan, dianggap sebagai momentum yang tepat untuk mengembangkan program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship atau OK OCE.

Program yang digagas Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebagai tombak penciptaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dianggap dapat diaplikasikan di Bumi Sriwijaya.

Menurut Sandiaga Uno, dengan adanya penyelenggaraan multi event olahraga sebesar Asian Games, Sumsel memiliki peluang besar untuk meningkatkan geliat usaha masyarakat. Sandi tidak ingin masyarakat hanya menjadi penonton di rumah sendiri.

“Kami meminta agar pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan 2018, Aswari Rivai-Irwansyah, dapat membuka peluang usaha sebesar-besarnya melalui program OK OCE Kito. Asian Games merupakan momentum yang tepat,” kata Sandi, pada acara Diskusi Kewirausahaan Ngobrol Seru Bareng Bang Sandi, di Hotel Raden Palembang, Minggu (20/5).

Sandi menjelaskan, pogram ini dapat diaplikasikan dengan cepat melalui tips empat Kartu As. Pertama ialah kerja keras. Bagi Sandi, tidak ada yang dapat meraih kesuksesan tanpa adanya kerja keras.

Kemudian kerja cerdas. Disamping kerja keras, upaya yang dilakukan juga membutuhkan kecerdasan dengan memanfaatkan teknologi serta riset untuk membantu pengembangan usaha.

“Jangan lupa juga kerja tuntas. Apa yang kita mulai kita selesaikan, jangan setengah-setengah. Kita juga harus ikhlas, karena program OK OCE ini bertujuan untuk membawa kesejahteraan bagi rakyat,” jelas Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu.

Sementara Calon Gubernur Sumsel 2018 Aswari Rivai mengakui, penerapan program OK OCE Kito merupakan ujung tombak penciptaan lapangan kerja dengan pelaku usaha mikro kecil dan menangah (UMKM) menjadi sasaran utama.

OK OCE Kito akan dijadikan wadah untuk menumbuh kembangkan jiwa wirausaha kepada masyarakat jika pasangan nomor urut 2 di Pilgub Sumsel ini terpilih sebagai pemimpin Bumi Sriwijaya.

“OK OCE Kito betul-betul kita terapkan. Kita juga sudah sering melakukan pelatihan untuk menumbuh kembangkan jiwa wirausaha masyarakat dengan OK OCE Kito sebagai wadahnya,” jelas Aswari.