PALEMBANG,HS – Gangguan kelistrikan yang akhir-akhir ini sering terjadi yang mengakibatkan padam di beberapa wilayah kota Palembang dan sekitarnya,

diungkapan oleh Manajer PLN Area Palembang Joni, bahwa banyak faktor dan permasalahan yang terjadi di lapangan antara lain kondisi cuaca seperti hujan badai, petir serta gangguan yang tiba-tiba di gardu induk, trafo dan jaringan listrik sehingga mengalami kerusakan dan perlu perbaikan.

“Kami merasa harapan masyarakat/pelanggan masih belum terpenuhi tapi kedepannya kami akan memenuhinya. Kadang-kadang masyarakat mengeluh karena tidak tahu penyebabnya, sebenarnya kalau masyarakat ingin tahu penyebabnya bisa menghubungi Call Center 123, di samping itu PLN Area Palembang sudah mempunyai instagram dan facebook yang setiap saat selalu menginfokan kepelanggan tentang padamnya listrik
ujarnya kepada media saat diruang kerjanya

Tentang padam ini juga disampaikan juga oleh Rosmalina Deputy Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah S2JB bahwa pemadaman listrik disebabkan oleh dua faktor yakni; faktor teknis dan Non Teknis. Faktor teknis ini disebabkan oleh gangguan pada pembangkit dan jaringan sehingga perlu perbaikan serta pemeliharaan jaringan berupa pembersihan dan pemotongan ranting pohon yang menyentuh jaringan listrik, bahkan banyak juga layang-layang yang nyangkut di jaringan, hal ini dapat mengakibatkan aliran listrik ke pelanggan terganggu.

Sementara padam oleh faktor non teknis Rosmalina menjelaskan bahwa padam ini adalah faktor alam antara lain; cuaca yang kurang baik (hujan petir disertai badai), banjir, gempa bumi, kebakaran dan bencana alam lainnya. Kalau ini yang terjadi petugas PLN harus bekerja keras untuk pemulihan listriknya. Yang sering ditemui di lapangan adalah pohon tumbang menimpa jaringan, tiang listrik/transmisi roboh oleh banjir atau gempa bumi, gardu meledak karena terbakar, dan lain-lain. Dan percaya tidak percaya, petugas PLN di lapangan kerap menemukan padamnya aliran listrik desebabkan oleh hewan yang terjebak pada jaringan kawat-kawat listrik seperti monyet, kelelawar dan ular, ujarnya menambahkan.

Yakinlah PLN selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan atas nama Manajemen kami mohon maaf kepada pelanggan listrik atas ketidaknyamanannya atas padam yang terjadi karena pemeliharaan dan padam oleh faktor alam. Kami juga mengharap kerjasama masyarakat/pelanggan listrik untuk dapat menyampaikan informasi ke Pihak PLN apabalia ada hal-hal yang ditemui di lapangan seperti faktor-faktor di atas yang dapat menyebabkan gangguan listrik, himbau Rosmalina.

Kembali ke Joni Manajer PLN Area Palembang, bahwa pemeliharaan yang dilakukan PLN Area Palembang gencar dilaksanakan, hal ini juga untuk menyambut pesta akbar Asian Games 2018, PLN akan berusaha bagaimana cara mengkondisikan kelistrikan supaya tetap terjamin dan handal. Apalagi banyak infrastruktur kelistrikan sudah dibangun dan kami akan melakukan untuk perbaikan sistemnya.”Kalau tadinya kabel udara, sekarang kita sudah melangkah untuk menggunakan kabel-kabel bawah tanah yang lebih handal, jadi itu yang kita lakukan menjelang Asian Games ini,”tandasnya (Rill)