PALEMBANG,HS – Dalam rangkaian peringatan HUT Ke-73 TNI tahun 2018, mulai hari Jum’at, 5 Oktober hingga tanggal 7 Oktober 2018 mendatang, digelar pameran Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) TNI bertempat di Pelataran Parkir Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu (6/10/2018).
Pameran yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut ini menampilkan berbagai Alutsista yang dimiliki TNI dan dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum.
Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Darmawan menjelaskan, Pameran Alutsista ini terbuka untuk masyarakat umum, termasuk para mahasiswa dan pelajar dipersilahkan untuk mengunjungi dan melihat secara langsung dari dekat berbagai jenis Alutsista TNI.
“Pameran Alutsista  dibuka mulai 08.00-20.00 Silahkan masyarakat dan para pelajar memanfaatkan kesempatan ini”, kata Kapendam.
Tujuan pameran Alutsista menurut Kolonel Inf Djohan Darmawan adalah mengenalkan kepada masyarakat tentang Alutsista TNI, agar tumbuh rasa kebanggaan dan rasa memiliki terhadap TNI serta meningkatkan semangat juang dan nasionalisme.
Selain dalam rangka memeriahkan HUT TNI, kegiatan pameran ini, sambung Kolonel Djohan, juga sebagai bentuk kesiapan TNI dalam mengawal NKRI dan pertanggungjawaban TNI kepada pemerintah dan rakyat, atas anggaran yang dialokasikan untuk TNI.
Berbagai jenis dan macam Alutsista TNI akan digelar pada pameran ini. Jenis Alutsista yang akan dipamerkan, dari TNI AD antara lain motor dan mobil patroli, kapal motor cepat, mobil PJD (pertempuran jarak dekat) dan motor engine, panser anoa 4×6, panser PR Anoa 4×4, meriam 105, meriam 57, SMB 12,7 mm dan mobil jihandak.
Sementara dari Lanal Palembang menampilkan miniatur kapal, senjata mitraliur, perahu karet dan perlengkapan selam. Untuk Lanud SMH Palembang menampilkan miniatur pesawat dan uniform penerbang.
Untuk diketahui, pameran Alutsista ini juga digelar serentak di 35 Kota seluruh Indonesia, untuk wilayah Sumbagsel pameran Alutsista TNI digelar di Korem 041/Gamas Bengkulu, Korem 042/Gapu Jambi, Korem 043/Gatam Lampung dan Korem 045/Gaya Bangka Belitung.
“Silahkan masyarakat datang dan menyaksikan pameran Alutsista ini, gratis, tidak dipungut biaya,” tutupnya