PALEMBANG,HS – Jalan Tol Palembang – Indralaya seksi l yang panjangnya 7 kilo meter Seminggu Sebelum lebaran Bisa dilewatin oleh para pemudik yang memakai kendaraan,

Hal ini dikatakan manager proyek Tol Palindra Hutama Karya Hasan Turcahyo dikantornya jumat (1/6),

Menurut Hasan, saat ini pihaknya fokus pada penyelesaian tol Palindra seksi I. Saat ini progresnya fisik pembangunan sekitar 90 persen. Hanya tersisa 10 persen lagi yakni pengerjaan finishing dan menyelesaikan marka jalan serta memasang lampu jalan.

“Ya, ini yang kami kebut penyelesaiannya hingga H-7 arus mudik,” katanya.

Ia menambahkan, Namun pihaknya sebenar pembangunan tol Palindra sudah siap menampung arus mudik. Karenanya, saat ini pihaknya hanya menunggu konfirmasi kapan tol ini seksi I ini akan diresmikan.

“Kami masih menunggu waktu pasti untuk dibukanya ruas jalan tol Palindra seksi I ini dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat,” katanya.

Meski tol itu nantinya sudah bisa dilalui namun tarif penggunaan tol Palindra belum diterapkan karena akan dilakukan ujicoba terlebih yang dilakukan oleh Badan Pelaksana Jalan Tol (BPJT). Pengendara bisa mengakses tol pertama di Sumsel tersebut secara gratis.

“Uji coba biasanya memakan waktu sekitar dua bulan. Jadi untuk lebaran belum ada tarif diterapkan,” jelas Hasan.

Disamping itu, pengoprasional pintu tol pun harus melibatkan banyak pihak. Diantaranya, kepolisian, jasa raharja, Pekerjaan Umum dan lainnya. Meski begitu, kata dia, selain persiapan pembangunan pintu tol, pihaknya juga membangun komplek perkantoran yang berada di sisi kanan pintu masuk tol.

“Saat ini tahap persiapan, ” ucap dia.

Lalu bagaimana dengan p
rogres seksi II (Pemulutan-Desa Rambutan) dan seksi III (Desa Rambutan-Indralaya), Hasan mengaku masih dalam progres. Ditargetkan November 2017 ini secara keseluruhan proyek ruas jalan tol Palindra sudah dapat diselesaikan.

“Tol ini menjadi salah satu infrastruktur pendukung Asian Games. Karena itu pengerjaannya secara keseluruhan akan dikejar menyesuaikan dengan target seharusnya,” tegasnya (MDN)