PALEMBANG,HS – Dihari Natal, Senin (25/12) banyak digunakan masyarakat untuk pergi liburan. Bahkan, dimanfaatkan untuk pulang kampung. Namun, disisi lain tol yang biasa digunakan untuk mudik terlihat sepi dan lengang dari kendaraan.

Berdasarkan pantauan, Selasa (26/12) kondisi jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) terlihat sepi dan hanya beberapa kendaraan pribadi yang melintas sedangkan untuk kendaraan berat tidak terlihat masuk atau pun keluar. Sedangkan, untuk jalur lintas pengguna jalan ramai baik kendaraan pribadi maupun kendaraan berat yang masuk atau pun keluar Kota Palembang.

Kepala Cabang Operasional Tol Palindra, Darwan Edison mengakui meski libur natal yang cukup panjang tidak ada peningkatan untuk jalur tol Palindra. Namun, ia mengaku tidak mengingat berapa jumlah kendaraan yang melintas sejak libur dimulai jumat (26/12).

“Saya tidak ingat berapa jumlahnya,” katanya saat dikonfirmasi JawaPos.com.

Menurutnya, hal ini terjadi dikarenakan para pengemudi belum memiliki kartu elektronik atau E-Tol.  Sedangkan pengguna tol Palindra yang ingin lewat wajib memiliki e-tol untuk membuka portal tol Palindra.

“Mungkin karena itu, masyarakat lebih memilih jalan lintas,” ujarnya.

Sementara itu, Aap, salah satu pemudik mengaku lebih memilih jalan lintas dibandingkan tol. Lantaran lintasan yang pendek serta pembayaran yang menggunakan sistem e-tol.

“Saya juga belum punya kartu e-tol nya karena itu, mending lewat jalan lintas daripada lewat tol karena tol nya masih pendek,” katanya.

Menurutnya, jika kondisi tol Palindra ini sudah sepenuhnya selesai maka tol ini dapat berfungsi optimal dalam mengurai kemacetan di lintas Sumatera. Mengingat panjang tol mencapai 22 kilometer.

“Kalau udah selesai semua pasti banyak yang akan lewat tol, karena di tol itu bebas hambatan, selain itu juga kondisi jalan mumpuni,” tutupnya.