li

RIO DE JANEIRO, HALUAN SUMATERA – Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, mencatat kemenangan mudah pada laga pertama Olimpiade Rio 2016, Kamis (11/8/2016) sore waktu setempat atau Jumat (12/8/2016) dini hari WIB.

Tontowi/Liliyana hanya butuh 25 menit untuk mengalahkan wakil Australia, Robin Middleton/Leanne Choo, dua gim langsung, 21-7, 21-8, di lapangan 2 Riocentro-Pavilion 4.

Tontowi/Liliyana membuka gim pertama dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka mendikte permainan sang lawan sejak perebutan poin pertama.

Hasilnya, Tontowi/Liliyana memimpin skor 11-2 pada fase interval gim kesatu. Keunggulan pasangan ganda campuran berperingkat ketiga dunia ini makin tak terbendung pada paruh kedua. Tontowi/Liliyana yang bermain cepat dan taktis menyudahi perlawanan Middleton/Choo dengan marjin 14 poin.

Situasi serupa juga terjadi pada gim kedua. Tontowi/Liliyana langsung menggebrak dengan memimpin perolehan skor mulai dari 5-1, 8-1, hingga 11-2 pada fase interval.

Selepas interval, dominasi Tontowi/Liliyana atas lawannya semakin menjadi-jadi. Setipe dengan jalannya pertandingan pada gim pertama, mereka mengunci kemenangan dengan selisih poin yang jauh.

Tontowi/Liliyana akan kembali menjalani pertandingan penyisihan Grup C pada Jumat (12/8/2016) waktu setempat. Mereka dijadwalkan bertanding melawan wakil Thailand, Bodin Isara/Savitree Amitrapai. Duel tersebut akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua pasangan. (kom)