PALEMBANG,HS – Bertempat Kuliner Desa Sungsang 3 Sabtu (29/2), Ali Goik seniman dan budayawan Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan tour dan konser album pesan damai Simbur Cahaya.

Dalam konser ini sengaja Ali Goik memilih Desa Sungsang kecamatan Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin, karena ada dua lagu mengenai sungsang didalam Album ini.
Diantaranya lagu sungsangku bersih dan pasir hitam sungai Sembilang.

“Alhamdulillah lagu Sungsangku Bersih dan Pasir Hitam Sungai Sembilang di sambut positif oleh masyarakat Sungsang mulai dari Muara Sungsang sampai Sungsang 4, pesan yang disampaikan dalam lagu ini selain menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan dan budaya juga mengangkat potensi wisata yang ada di Sungsang dan Sembilang,” kata Ali Goik.

Menurut Ali Goik,dipilihnya Pesan Damai Simbur Cahaya sebagai tema di albumnya karena ia merasa prihatin dengan kebudayaan yang ada di Sumsel, terutama terhadap nilai-nilai Simbur Cahaya yang lambat laun mulai menghilang dan termakan oleh kemajuan zaman.

Simbur Cahaya sendiri merupakan kitab undang-undang hukum adat, yang ditulis oleh Ratu Sinuhun.

Ratu Sibuhun adalah orang yang mengumpulkan aturan-aturan adat yang tadinya lisan menjadi tertulis dan tertuang di Sumsel didalam kitab Undang Undang Simbur Cahaya.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerja orang dibelakang layar dalam tour ini diantara Salinan Camat Banyuasin 2 Eko Komara Direktur Penabulu dan kades se kecamatan Banyuasin 2.