PALEMBANG,HS – Beragam tradisi dilakukan di bulan suci Ramadan. Salah satunya adalah, embagikan bubur gratis di Masjid Suro Palembang. Di setiap bulan Ramadan, Masjid tersebut menyediakan bubur untuk warga sekitar serta pengunjung masjid untuk berbuka.
Pengelola Masjid Suro Palembang, Kartibi mengatakan, hal itu sudah jadi tradisi sejak lama. Dijelaskannya, untuk awal puasa perhari pihaknya memasak sekitar 5 kilogram beras.
Kemudian, diatas 15 hari hingga 30 hari beras yang dijadikan bubur pun dikurangi karena banyak warga yang mengirimkan makanan juga ke Masjid.
“Bubur ini bukan hanya dimasak saja, tetapi juga diberikan daging, rempah-rempah dan juga kecap,” katanya saat ditemui di Masjid Suro Palembang, Selasa (7/5/3019).
Tradisi bubur gratis ini katanya, tidak pernah berubah sejak tahun 1432 hingga sekarang. Kartibi mengaku, ia telah memasak bubur dan mengelola masjid sejak tahun 71.
Ia pun mengaku senang meski lelah dirasakannya. Apalagi bubur yang dimasaknya disukai oleh warga. Untuk meyiapkan bubur tersebut, Kartibi memulai menyiapkan bahan-bahan untuk bubur sejak pukul 02.00 WIB.
Selain itu ia juga membersihkan masjid.
“Kedepan saya harap tradisi ini terus dilakukan jangan sampai berhenti,” tutupnya