Inilah Tugu Belida yang Menjadi Maskot Kota Palembang

Inilah Tugu Belida yang Menjadi Maskot Kota Palembang

PALEMBANG, HS – Kota Palembang bakal memiliki ikon baru selain Jembatan Ampera yang menjadi lambang ikon Kota Palembang selama ini. Kini, landmark itu akan bertambah lagi dengan dibangunnya monumen Tugu Belido di pinggir sungai Musi depan Benteng Kuto Besak sebagai landmark baru dan tidak kalah menarik.

Senin, 28 November 2016, pada Tugu Belido dilakukan ground breaking yang ditandai dengan pengeboran posisi tiang pancang langsung disaksikan oleh Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Bukit Asam (PT BA) Suryo Eko Hadianto dan Walikota Palembang Harnojoyo yang diwakili Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

“Pembangunan ini ditargetkan selesai Juli 2017 mendatang,” cetus.

Suryo Eko Hadianto menyebutkan, bahwa pembangunan Tugu Belida ini merupakan dukungan PT BA melalui program CSR terhadap program Development Musi River Side Tourism pemerintah kota Palembang guna menyukseskan program wisata di kota Palembang. Kenapa tugu itu memakai visual Ikan Belida?.

“Karena Ikan Belida merupakan ikan asli dari Sungai Musi yang saat ini keberadaanya hampir punah, untuk mengenang anak cucu kita bahwa keberadaan ikan Belida di wilayah ini, maka sesuai konsep Walikota Palembang, sekaligus kita dijadikan ikan Belida sebagai ikon fauna Kota Palembang,” Eko berkata.

Pembangunan ini  menelan biaya sebesar Rp 3,4 miliar termasuk dengan Pajak Pertambahan Nilai dan masa pelaksanaan untuk Pembangunan selama 240 hari.

 “Kita semua harapkan kurang lebih 8 bulan, akhir Juli 2017 Tugu Ikan Belida dengan bahan tembaga dilapisi perak ini sudah selesai pembangunannya dan untuk selanjutnya kami serahkan ke Pemerintah Kota Palembang untuk tanggung jawab perawata Tugu Ikan Belido,” jelasnya.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menyampaikan bahwa masyarakat kota Palembang patut gembira dan bangga dengan dibangunnya tugu Belida sebagai ikon baru yang menghiasi pinggiran Sungai Musi.

“Jadi rencana kita akan mengundang dari Kementrian Pariwisata untuk nanti membuka peresmian tugu Ikan Belida ini, jadi ini merupakan hari yang paling istimewa yang di tunggu masyarakat kota Palembang,” singkatnya. (ERS)