Timnas Kamerun merayakan keberhasilan menjadi juara Piala Afrika 2017

LIBREVILLE, HS – Usai menundukkan tim nasional Mesir pada partai final, timnas Kamerun sukses merengkuh Piala Afrika 2017. Pada pertandingan yang digekar di Stade d’Angondje, Libreville, Gabon (6/2).

Pertandingan berlangsung seru, bahkan Mesir sempat lebih dulu unggul lewat Mohamed Elneny pada menit ke 22. Suporter ‎The Pharaohs bersorak girang setelah umpan bintang AS Roma, Mohamed Salah disambut Elneny. Pemain yang bermain di Liga Inggris bersama Arsenal sukses membobol gawang Kamerun yang dikawal Ondoa. 1-0 untuk keunggulan anak asuh Hector Cuper.

Selanjutnya, timnas Kamerun yang diasuh Hugo Broos mencoba bangkit dan bermain lebih konsentrasi dan disiplin. Namun demikian, hingga babak pertama usai, kedudukan masih untuk keunggulan timnas Mesir.

Di babak kedua, The Indomitable Lions menunjukkan kegigihannya dan melakukan sejumlah peluang untuk menyamakan kedudukan. Strategi Hugo Broos memasukkan Nicolas N’Koulou menggantikan Adolf Teikeu di pertengahan babak pertama menunjukkan hasil di menit 59.

N’Kolou berhasil membobol gawang kiper Mesir, El Hadary setelah sukses mengoptimalkan umpan Benjamin Moukandjo. Skor imbang, Kamerun 1 dan Mesir 1.

Ketika seisi stadion berpikir pertandingan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu, Vincent Aboubakar menjawab dengan golnya di menit ke-88. Golnya dilihat berkat kematangan strategi Hugo Broos yang memasukkannya di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-46, untuk menggantikan Robert Tambe.

Pemain dan suporter timnas Kamerun pun bersorak merayakan gelar juara Piala Afrika untuk ke lima kalinya. Terakhir, pemain timnas Kamerun mengangkat Piala Afrika di tahun 2002 lalu. Sebelumnya, Kamerun menjadi peraih Piala Afrika pada 1984, 1988, dan tahun 2000.


Susunan pemain
Mesir:
El Hadary; Fathy, Hegazi, Ali Gabr, El Mohamady; Tarek Hamed, Elneny; Trezeguet (Sobhi 66′), El Said, Salah; Amr Warda.

Kamerun: Ondoa; Oyongo, Teikeu (N’Koulou 31′), Ngadeu-Ngadjui, Fai;  Sutchuin Djoum, Siani; Moukandjo, Zoua (Mandjeck 90+4′), Bassogog; Tambe (Aboubakar 46′).