PALEMBANG, HS – Tim nasional putri Indonesia akan menampilkan permainan tanpa beban saat menjamu Thailand di laga kedua ujicoba internasional di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Rabu (30/5).

Kekalahan mencolok 0-13 dari Thailand dipertemuan pertama laga ujicoba, Minggu (27/5), menjadikan skuad besutan Satia Bagdja tampil tanpa target tinggi kala kembali bersua Negeri Gajah Putih.

“Perbedaan kelas antara kedua tim sangat terlihat jelas pada pertandingan pertama ujicoba. Kami tidak dapat berbuat banyak karena Thailand sangat solid,” kata Pelatih Timnas Putri Indonesia Satia Bagdja, Selasa (29/5).

Pada laga ujicoba kedua ini, Satia Bagdja menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil lebih baik. Setidaknya dapat meminimalisir kesalahan.

“Kita kalah di segala lini, mulai dari passing, visi permainan dan penempatan posisi. Di laga kedua ujicoba para pemain harus dapat meminimalisir kesalahan,” kata jelasnya.

Menurut Satia, kekalahan di laga pertama merupakan pembelajaran yang sangat berharga bagi Indonesia. Dimana dari 28 laga ujicoba sebelumnya, skuad Merah Putih tidak pernah menghadapi lawan sepadan, atau yang memiliki kualitas di atas Indonesia.

“Ujicoba dengan tim lokal dan Thailand perbedaannya sangat jauh. Secara tim mereka punya skill dengan teknik tinggi, sementara tim lokal yang kita hadapi sebelumnya jauh di bawah Thailand,” ungkap Satia.

Mantan Asisten Pelatih Sriwijaya FC ini berharap tim nya tidak lagi menjadi bulan-bulan Thailand di laga ujicoba kedua. Setidaknya, timnas Indonesia dapat lebih mengimbangi permainan Thailand.

“Ujicoba menghadapi Thailand sangat penting untuk persiapan menghadapi Piala AFF dan Asian Games 2018. Karena dari pertandingan ini kita dapat mengukur sejauh mana kekuatan tim dalam menghadapi dua turnamen besar,” jelasnya.