PALEMBANG,HS – Light Rail Transit (LRT) Palembang, Senin malam dilakukan uji coba dinamis, secara tertutup. Ujicoba dinamis dari Depo melalui Stasiun OPI dan berhenti dengan mulus di stasiun Jakabaring Palembang bolak-balik atau memakan jarak sekitar 900 M.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, bersyukur uji coba LRT berjalan bagus, lancar, aman dan tanpa hambatan meskipun dirinya tak ikut memantau langsung berlangsungnya uji coba dinamis LRT.

“Ya, aku bukan lihat langsung tapi dikirimin videonya. Alhamdulillah lancar,” ujar Alex dibincangi usai rapat paripurna DPRD Sumsel, Selasa (22/5/2018).

Menurutnya, LRT Palembang merupakan LRT dengan teknologi modern, karena aliran listriknya mengambil listrik dari bawah di rel ketiga, sementara LRT di tempat lain dialiri listrik dari atas.

Ia juga mengaku tak tahu pasti berapa jarak tempuh uji coba dinamis LRT tadi malam.

“Karena aku dak ikut langsung jadi dak tahu. Tapi katanya dari ujung ke ujung. Entah ujung zona ke zona lain. Kamu tuh ngintiplah malam-malam abis buko puaso tunggulah sampai sahur,” pungkasnya

Lanjutnya, LRT Palembang akan terus dilakukan uji coba untuk memastikan transportasi massal tersebut layak dan aman dioperasikan. LRT sendiri akan dioperasikan pada akhir Juni 2018 mendatang. Namun.operasi secara penuh akan dilakukan pada Juli 2018.

Mengenai tarif LRT, pihaknya belum tahu pasti. Namun dalam waktu dekat pembahasan mengenai tarif segera final.

“Kabar-kabarnya tarif ini segera final. Jadi ada tarif yang zona ke zona, dari airport ke Jakabaring itu lebih mahal,” jelasnya