PALEMBANG, HS – Dalam menjalankan program keagamaan, Calon Walikota Palembang 2018, Harnojoyo mengajak seluruh lapisan masyarakat.

Andai kembali terpilih sebagai Walikota Palembang periode 2018-2023, dirinya akan merangkul seluruh Asatidz (Ustadz-ustadz), Ulama, dan para Habib Kota Palembang, untuk turut serta dalam program keagamaan.

“Untuk menjadikan masyarakat yang madani, butuh peran serta pemuka agama,” kata Harnojoyo, dalam kegiatan Deklarasi Penyatuan Visi dan Misi Bersama Ratusan Ulama Palembang dikediamannya di jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara, Minggu (20/5).

Menurut Harnojoyo, deklarasi ini menjadi bukti kesungguhan dirinya dihadapan 197 Asatidz, Ulama dan para Habib di Kota Palembang, terhadap program keagamaan yang akan menjadi salah satu prioritas pemerintahan kedepan.

Deklarasi penyatuan visi misi ulama dengan dengan Harnojoyo, merupakan perjanjian dan komitmen bersama yang disaksikan langsung seluruh ulama se-kota Palembang. Diantaranya, Habib Mahdi, Ustadz Taufik Hasnuri, Ustadz Solihin Hasibuan, Ustadz Kemas Muhammad Ali, dan ratusan ulama lainnya.

Dalam sambutannya, Habib Mahdi Muhammad Syahab menyampaikan, ada 25 perjanjian bersama, yang diajukan para ulama dan disetujui Harnojoyo sebagai calon Walikota Palembang.

Dimama, jika nanti terpilih, maka berbagai kebijakan dan arah pemerintahan, akan selalu melibatkan tokoh agama, termasuk ulama, habaib dan asatidz.

“Kita doakan semoga takdir kembali menjadikan pasangan Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda sebagai Walikota-Wakil Walikota Palembang terpilih periode 2018-2023,” jelasnya.

Dia menerangkan, melalui perjanjian yang ditandatangi langsung Harnojoyo kemarin, maka kedepan para ulama, tokoh agama akan bersatu bersama pemerintah dalam menyiarkan ajaran agama yang dituangkan dalam peraturan daerah (Perda).

“Selama ini Harnojoyo telah komitmen selalu menghidupkan syiar Islam di kota Palembang. Utamanya program safari subuh beliau yang sangat positif, dan telah meibatkan para ulama di Palembang, program ini harus terus dilanjutkan,” imbuhnya.

Pihaknya dan seluruh ulama Sumatera Selatan khususnya Palembang, beryukur Harnojoyo telah berkomitmen, jika terpilih nanti, peraturan daerah yang akan pertama ditanda tangani yakni Perda tentang syiar subuh berjamaah bersama dengan para ulama.

Sementara bagi Harnojoyo, komitmen yang telah dituangkan antara dirinya dan para ulama dan habaib harus dijalankan.

Dimana, perjanjian yang tertuang, sejalan dengan program visi misi Palembang EMAS Darussalam yang akan dilaksanakan jika nanti kembali terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Palembang periode 2018-2023.

Kedepan, program keagamaan akan ditingkatkan lagi, salah satunya adalah program subuh berjamaah yang akan dilaksanakan secara serentak di 1.100 Rukun Warga (RW) di 107 kelurahan, bersama 1.100 Ustad dan ulama.

“Jika ini berjalan maka untuk menjadikan masyarakat Madani akan lebih mudah,” terang Harno.