Harnojoyo saat menghadiri tabliq akbar bersama umat islam di BKB

Harnojoyo saat menghadiri tabliq akbar bersama umat islam di BKB

PALEMBANG, HS – Guna menyambut tahun baru Islam 1438 Hijriah, ribuan umat yang tergabung dari ulama dan organisasi masyarakat (ormas) Islam menggelar acara tabligh akbar, zikir, serta shalawat bersama di pelataran Benteng Kuto Besak, dua hari lalu.

Pantauan HALUAN SUMATERA, acara shalawat bersama ini nampak dihadiri Walikota Palembang H Harnojoyo beserta jajaran satuan kerja pemerintahan daerah. Tepat pukul 19.00 WIB, acara diawali dengan pembacaan zikir dan shalawat bersama dan berdoa. Selain itu, umat yang hadir mengenakan pakaian agamis bewarna putih.

Ribuan umat Islam memeriahkan Tahun Baru Islam dengan bershalawat

Ribuan umat Islam memeriahkan Tahun Baru Islam dengan bershalawat

“Agar Tahun Baru Islam kota Palembang senantiasa diberi keberkahan,” cetus Habib Mahdi, Ketua Pelaksana tabligh akbar dan shalawat seraya berkata shalawat bersama ini juga diikuti lebih dari 30 ormas Islam.

Hadirnya ormas Islam ini, lanjut Habib, membuktikan bahwa umat Islam yang ada di Palembang Darussalam tetap bersatu dan memeliki ukhuwah Islamaiyah benar-benar terasa.

“Insyaallah jika ulama dan umat Islam bersatu ditambah lagi dengan umaro dalam hal ini Pak walikota sangat mendukung, maka Palembang yang tentram dan penuh keberkahan dapat kita capai,” Habib Mahdi menyebutkan.

Harnojoyo, Walikota Palembang mengemukakan, pihaknya siap mendukung bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh umat Islam di kota ini.

“Ke depan akan diadakan di setiap kecamatan tiap bulannya. Kita akan support penuh, karena acara ini sangat positif dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” katanya.

Ia berharap, melalui Tahun Baru Hijriah ini untuk sama-sama berhijrah.

“Mari kita berhijrah dari sesuatu yang tidak baik ke sesuatu yang baik, dari perilaku yang buruk yang tidak bertanggung jawab kita hijrah ke perilaku yang lebih baik lagi lebih disiplin. Bila masyarakat Palembang sudah berhijrah, Insyaallah Palembang Darussalam akan sama-sama dirasakan,” ungkap Harnojoyo.

Sekitar dua jam, zikir dan shalawat bersama digelar. Acara selanjutnya tabligh akbar yang diisi oleh ceramah agama dari Habib Umar bin Alwi Assegaf, Ustadz Kemas Muhhammad Ali, Ustadz Umar Said, Ustadz Taufik Hasnuri, Ustadz Solihin Hasibuan, dan Ustadz Abdul Majid Dahlan.

Tiap penceramah menyampaikan materi tentang hikmah tahun baru hijriyah serta upaya peningkatan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan pilar-pilar yang harus dimiliki oleh umat Islam. (UDI)