1

Pencari kerja ramaikan Job Fair di gelar unsri

PALEMBANG,HS  – Sebanyak 6000  pencari kerja di Kota Palembang banjiri Job fair yang dibuka oleh Unsri secara mandiri dan bekerjasama dengan 13 perusahaan yang ada di Kota Palembang, dibanjiri oleh ribuan pelamar dari berbagai alumni perguruan tinggi dari Palembang. Job fair ini bertajuk Career Development Center (CDC), yang diselenggarakan selama dua hari sejak tanggal 26-27 Oktober 2016 di aula paska sarjana Unsri di jalan Sriwijaya Negara Bukit Besar Palembang.

Seperti yang diungkapkan oleh ketua CDC Nuni Gofar kepada Sumsel Post, Rabu (26/10). Diakuinya, ini adalah job fair pertama yang diselenggarakan Unsri tanpa Event Organizer (EO) dan dibuka secara gratis.

“Kami menargetkan sebanyak-banyaknya pendaftar agar dapat membantu pemerintah mengurangi angka tunakarya di Kota Palembang. Saat ini, yang sudah terdaftar secara online ada 6000an lebih pendaftar dari semua perguruan tinggi di Palembang,” jelas wanita yang bergelar guru besar ilmu tanah Unsri disela verifikasi ulang pelamar kerja.

Berdasarkan pantauan, ada yang berbeda dari job fair yang diselenggarakan oleh. Dimana setiap pelamar yang ingin melakukan verifikasi ualng, mereka harus mem-print out hasil registrasinya via online ke website yang disediakan oleh Unsri. Selain itu, disini juga disediakan bimbingan konseling untuk penentuan karier pelamar yang masih bingung untuk memilih perusahaan mana yang akan mereka kirimkan surat lamaran.

Kembali kata Nuni, konsep yang pihaknya gunakan dalam job fair kali ini berbeda dari job fair sebelumnya. “Kami menyediakan layanan konseling bagi pelamar yang masih ragu untuk memasukkan lamarannya ke perusahaan yang cocok dengan skill mereka. Kami juga membuat sistem scan barcode untuk verifikasi ulang, dimana bisa langsung diprint out atau bisa discan melalui smartphone pelamarnya. Jadi dengan sistem ini dapat mengurangi sampah kertas,” tambahnya.

Hal senada diutarakan oleh konsuler psikolog dari ICCN UGM Gita Aulia Nurani, kebanyakan pelamar suka bingung kalau sudah beberapa kali interview tapi gagal, padahal segala persiapan yang ada tetapi tetap tak bisa lolos. Nah disinilah pentingnya pengetahuan tentang cara agar bisa melewati interview yang terbaik.

“Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan pada diri seorang pelamar saat akan mengikuti interview. Dimana langkah awal saat sesi pertanyaan yang harus diselesaikan dengan baik,singkat, padat dan tepat. Penting menjawab pertanyaan harus sesuai dengan apa yang ditanyakan, jangan sampai jawaban tidak jelas. Selain itu cobalah menjawab pertanyaan sesuai dengan pengalaman diri bukan menceritakan orang lain,” tambah Gita

Sementara itu, salah seorang pelamar dari alumni 2016 Fakultas Hukum Unsri, Annesa Putri mengaku, ini adalah kali pertamanya mengikuti jib fair, selama ini ia hanya mengirimkan lamaran via online kepada perusahaan yang membuka lowongan kerja. “Yang jadi incaran saya itu dapat diterima disalah satu Bank daerah yang sudah nasional, yaitu Bank Jawa Barat (BJB). Saya juga mengirimkan beberapa lamaran lain, karena memang pada dasarnya tidak dibatasi untuk mengirimkan lamaran kepada seluruh perusahaan yang membuka lowongan di job fair ini,” pungkasnya. (Hsn)

.