P_20160814_2018471-1024x576

MUARAENIM, HALUAN SUMATERA – Sebanyak 64 perangkat desa terdiri dari kepala desa (kades) dan lurah di Kecamatan Muaraenim Kabupaten Muaraenim dituntut pintar atur strategi,

Bukan strategi perang, strategi politik, atau strategi pemerintahan, kades lurah juga dikuti warga ini hanya dituntut sebatas kepiawaian strategi membaca langkah stategi lawan. Hal ini mereka perlukan untuk memenangkan pertandingan gaple dalam rangka memeriahkan HUT ke-71 RI yang digelar selama dua malam berturut-turut sejak Minggu (14/8) malam.

Peserta pertandingan gaple dari Trans unit 6, Jerry mengatakan, gaple banyak disukai masyarakat pada umumnya, karena permainan gaple ini sifatnya berpasangan. “Siapa yang kuat bisa memikirkan buah pada pasangannya maka musuh akan kalah,” . katanya, Senin (16/8).

Permaian ini, katanya juga menuntut sportivitas pemain. “Pertandingan ini juga menekankan tentang sportivitas dalam masing-masing pertandingan, kejujuran,  dalam bertanding. Serta, menerima kekalahan dengan hati ikhlas,” katanya.

Masih katanya, pertandingan yang digelar menjadi ajang silahtuhrami antar warga dan perangkat desa yang ada.

“Terima kasih kepada pak Camat Asarli dan Pak Kasi Pembangunan Camat Muaraenim, Jaswan serta panitia lainnya karena telah menyelenggarakan pertandingan gaple dalam memeriahkan HUT RI Ke-71, dimana beliau juga ikut melihat dan menonton serta memberikan semangat bagi para peserta yang ikut,” katanya.

Sementara itu Camat Muaraenim, Drs Asarli Manudin MSi mengatakan, pertandingan gaple yang digelar diharapkan memupuk silaturahmi dan rasa kekeluargaan antar masyarakat.

“Bagi pemenangnya nanti kita berikan hadiah tropi, beserta uang pembinaan juara 1 Rp1.000.000, juara 2 Rp750.000, dan juara 3 Rp500.000,” tutupnya (Edward)