PALEMBANG,HS – Dalam rangka optimalisasi pencapaian Target Pajak Daerah tahun 2017 terus diupayakan oleh Bapenda Provinsi sumsel, Khususnya pencapaian target Pajak Daerah terutama pajak kenderaan Bermotor (PKB dan BBNKB).

Kabanpenda H. Marwan Fansuri, menjelaskan, ini semua dapat segera ditindaklanjuti karena berkat kerjasama stake holder Sistem administrasi satu atap/SAMSAT yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga Sumatera Selatan.

“Pelayanan itu baik dari segi pembangunan, Sarana Prasarana dan Sumber Daya Manusia yang melaksanakan Tugas Layanan di point layanan samsat dan dengan dibangunannya Samsat desa tersebut untuk memberikan pendekatan point Layanan bagi Warga Sumsel yang ingin membayar Pajak kenderaan bermotor,” ungkapnya Selasa (12/9/2017),

Selain itu dijelaskan Marwan, khusus layanan samsat Desa Sungai Lilin dibangun itu program shot cut Tim Pembina samsat.

“Jadi selama ini warga Sungai Lilin dan sekitarnya membayar Pajak kenderaan ke Kota Sekayu atau ada yang ke UPTB Samsat Bayung lencir menempuh jarak tempuh 2. S.d 3 jam sekarang warga sungai lilin sudah bisa membayar pajak kenderaaanya di Samsat Desa Sungai Lilin yang berlokasi Di Bank Sumsel Babel Sungai Lilin. Ini sudah meringankan ongkos para Wajib pajak disana,” jelasnya.

Sementara itu Kasubdin Regident Polda Sumsel AKBP Donni Eka Syah Putra SIK.Msi didampingi oleh Kasi STNK Ditlantas Polda Sumsel Kompol Irwan Andeta Sik, menambahkan, bahwa Program Patuh Pajak dan Patuh Kelengkapan Administrasi Kenderaan Bermotor tahun 2017 yang bertujuan sebagai pencapaian Target Pajak daerah Juga untuk pengesahan Tahunan administrasi Kenderaan Bermotor.

“Selain itu program ini untuk meningkatkan kesadaran pemilik Kenderaan bermotor di sumsel mematuhi kewajibannya yang sadar Hukum untuk membayar Pajak kenderaan serta membayar Pengesahan STNK tahunan yang merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak/ PNBP juga dapat tercapai,” bebernya

Lebih lanjut ia menambahkan Samsat Desa sudah dibangun di Mariana Kab. Banyuasin dan sudah beroperasi , hari ini Selasa 12/ 09 SAMSAT DESA di Sungai Lilin Kabupaten Muba juga Telah Beroperasi dan selanjutnya akan dibuka “SAMSAT DESA” di Tugu Mulyo Musi Rawas yang sekarang lagi tahap finishing akan segera melayani wajib Pajak.

“Untuk peningkatan layanan di point Layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap yang telah dibangun ini, mari kita bersinergi bersama sama baik pihak kepolisian Bapenda dan jasa raharja serta bank sumsel babel yang telah berkontribusi untuk pengembangan layanan Samsat Desa ini untuk terus bekerja sama dan memberikan bantuan pemikiran serta inovasi layanan terbaik kedepannya sehingga masyarakat sumsel dapat terlayani dengan baik saat ingin mengurus administrasi kenderaan bermotornya dan membayar pajak kenderaaanya lebih efektif dan efesien serta lebih sempurna kedepannya baik dari sampras dan Sumber daya yang melayani,” harapnya.

Ditempat terpisab, Syafrizal Irwan SE selaku KUPTB MUBA II menghimbau warga kec sungai lilin, kec keluang kecamatan Babat supat, kecamatan batanghari leko dan sebagai kecamatan Tungkal jaya dan berdekatan dengan lokasi pelayanan Samsat Desa Sungai Lilin yang hari ini sudah dapat melayani pembayaran pajak tahunan kenderaaanya baik roda 2 dan 4.

“Kita harapkan dengan dibukanya Samsat Desa di kantor Cabang Pembantu Bank Sumsel Babel yang beralamat di jalan lintas palembang Jambi no 111 kecamatan Sungai Lilin Musi Banyuasin masyarakat pemilik kenderanya dapat segera membayar pajak kenderaaanya di point layanan samsat desa dimaksud pungkasnya. (MDN)