PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk sementara menjadi tuan rumah untuk 10 cabor dalam perhelatan Asian Games 2018 nanti.

Sebanyak ke-10 cabor yang akan dipertandingkan di Palembang ini yakni sepakbola, basket, tenis/soft-tenis, voli, kano/kayak, dayung, menembak, triathlon, sepak takraw, dan panjat tebing.

Hal ini terungkap dalam rapat Gubernur Sumsel dengan Tim Olympic Council of Asia (OCA) di Griya Agung, Minggu (5/3).

Menurut, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Sumatera Selatan siap menjadi tuan rumah 10 cabang olahraga dan segera mempersiapkan segala yang dibutuhkan.

“Kami menerima keputusan itu. Awalnya Sumsel mendapat 11 cabang olahraga, namun ternyata soft tenis dan tenis jadi satu, sehingga total cabang olahraga yang diselenggarakan di Sumsel ada 10 cabang olahraga,” jelasnya.

Dia juga menambahkan,Untuk sementara, pihaknya menunggu saja dan tidak meminta tambahan cabang olahraga untuk dipertandingkan di Sumsel
Namun dari hasil Ratas yang dilakukan beberapa waktu lalu, ada pembahasan cabang olahraga basket, baseball, BMX dan sebagainya.

Tapi hal itu belum final, karena masih akan dibahas lagi, keputusan akhir akan diambil Senin (6/3).

“Ya, Pembahasan tambahan cabang olahraga akan kita bahas besok (Senin-red) di Jakarta,” bebernya

Saat disinggung bila nantinya cabor dipertandingan di Palembang lebih dari 10, termasuk baseball dan BMX, Alex mengakui, apabila ini dilaksanakan di Palembang maka akan dinilai cukup berat. Namun, bila memang tidak terelakkan lagi, pihaknya berharap sebaiknya menjadi tuan rumah khusus final basket ataupun basket wanita.

“10 cabang olahraga ini saja sudah cukup. Ini saja sudah Alhamdulillah. Kita bisa fokus,” ucapnya

Dia juga mengatakan, Waktu yang dimiliki sangat singkat, bila cabor tambahan itu sudah ada venue tentu akan lebih mudah.
Tapi bila belum ada maka harus segera dibangun, cari lahan, biaya harus dianggarkan dan pengerjaan bangunan venue butuh waktu.

“Kalau 10 venue target kita selesai dan sudah siap,” ucapnya. (Ril MDN)