PALEMBANG,HS – Unit Pemeliharaan Pembangkitan Palembang (UPHK) merupakan unit terbaru yang berada di wilayah kerja PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (UIKSBS).

Terbentuknya UPHK Palembang berdasarkan Peraturan Direksi (Perdir) Nomor 1533.P/DIR/2018 tanggal 20 Juli 2018. Latar belakang dibentuknya UPHK sendiri yaitu untuk meningkatkan kualitas Pemeliharaan Periodik (Overhaul) agar kemungkinan terjadinya gangguan pada saat unit beroperasi dapat diminimalisir.

“Dengan terbentuknya UPHK Palembang ini diharapkan kegiatan persiapan pelaksanaan overhaul dapat berjalan dengan baik sehingga perencanaan sumber daya baik SDM, Material, Scope dan Prosedur, tools, serta waktu menjadi optimal”, ujar Arfan, Manager UPHK Palembang.

Dijelaskan Arfan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) sendiri, UPHK Palembang nantinya diharapkan menjadi Empowering SDM, dimana pegawai yang “High Competence” dapat mentransfer knowledgenya kepada pegawai lain sehingga UPHK Palembang bisa menghasilkan para ahli (expert) pada bidang pemeliharaan pembangkit kedepannya.

UPHK Palembang mengusung motto “5 ON”, yaitu

1. ON Safety (Tidak terjadinya kecelakaan kerja pada saat pelaksanaan pemeliharaan).
2. ON Time (Sesuai durasi pemeliharaan atau bahkan lebih cepat).
3. ON Quality (Tujuan Overhaul tercapai meliputi kesiapan pembangkit, daya mampu, dan
effisiensi).
4. ON Cost (Budget Overhaul sesuai dengan rencana dan dilakukan effisiensi pada Overhaul
Berikutnya).
5. ON Scope (Scope pekerjaan sesuai dengan yang sudah direncanakan, contingency plan
sudah disiapkan apabila terjadi hal-hal yang menyebabkan pekerjaan tambahan).

“ Dengan mengusung motto 5 On, UPHK Palembang ditugaskan untuk melaksanakan pemeliharaan periodik mesin pembangkit yang dikelola oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (UIKSBS) yang tersebar di 5 Provinsi yaitu Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Barat,”Terangnya.

Ditambahkannya UPHK Palembang yang berkantor sementara di komplek PLTD Sungai Juaro Palembang ini baru saja menyelesaikan pekerjaan scope standar pemeliharaan periodik Minor Inspection (MI) UPK Teluk Sirih Unit 1. Sebelumnya Tim UPHK Palembang juga melaksanakan pekerjaan Pemeliharaan Pembangkit di PLTU Bukit Asam.

“Kita diharapkan kedepan dengan kehadiran UPHK, PLN UIKSBS dapat semakin confidence dalam penyediaan listrik yang Andal, efisien dan berwawasan lingkungan di Sumatera,”Tutup Arfan.

Laporan : Madon