JAKARTA, HALUAN SUMATERA – Kabar gembira bagi pengguna Windows 10 Genuine, Microsoft saat ini secara resmi telah memperbarui sistem operasinya. Pada Windows 10 Anniversary Update diungkap lebih dari 200 pembaruan yang membuat semua fitur menjadi lebih canggih.

Hal ini diyakini akan mampu meningkatkan produktivitas beragam profesi, termasuk jutaan pelaku industri kreatif di Indonesia.

“Dengan pertumbuhan ekonomi kreatif yang mencapai 5,76% di tahun 2014 lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di kisaran 5,74%, industri kreatif memiliki potensi besar untuk memajukan Indonesia.

Terlebih dengan tingginya jumlah anak muda yang mengambil peranan dalam industri ini, peluang Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif pun semakin meningkat,” ujar Linda Dwiyanti, Consumer Channels Group Director, Microsoft Indonesia di Jakarta, Jumat (19/08/2016).

“Kami berharap update Windows 10 dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri kreatif Tanah Air dengan membantu meningkatkan produktivitas para pemainnya dan mendukung mereka dalam melakukan transformasi digital,” lanjut Linda.

Windows 10 Anniversary Update juga hadir dengan dukungan beragam aplikasi unggulan yang tersedia di Windows Store, seperti Staffpad. Staffpad merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna menuliskan notasi musik secara digital. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi input dalam pena dan layar sentuh yang responsif.

Melalui Windows 10 Anniversary Update, Microsoft juga memberikan akses yang mudah untuk browser Microsoft Edge dengan menawarkan fitur ekstensi aplikasi.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna Edge berselancar ke situs lain secara lebih cepat. Adapun pemrosesan CPU Microsoft Edge menjadi jauh lebih minimalis sehingga daya tahan perangkat menjadi lebih hemat.

Dari segi keamanan, Microsoft mempercanggih tingkat keamanan Windows Hello dan Windows Defender sehingga pengguna tidak perlu khawatir data mereka akan rusak atau hilang.

Anniversary Update ini juga telah terintegrasi dengan Microsoft Edge, sehingga memungkinkan pengguna untuk masuk ke berbagai situs dengan menggunakan Windows Hello.

Seluruh fitur terbaru Windows 10 ini dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna Windows 10 Genuine sebagai bagian dari Windows as a service.

Saat ini, Windows 10 sudah digunakan oleh lebih dari 350 juta orang di dunia dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari hampir sebagian besar orang di dunia. Angka kepuasan konsumen yang dihasilkan pun lebih tinggi dibandingkan dengan sistem Windows versi sebelumnya.

Sebanyak 135 miliar jam dihabiskan oleh pengguna di seluruh dunia untuk menggunakan Windows 10, dengan penggunaan fitur dan pengalaman yang bervariasi. (hs)