Bupati PALI, Heri Amalindo usai acara senam ria ajak warganya ber-KB.

Bupati PALI, Heri Amalindo usai acara senam ria ajak warganya ber-KB.

PALI, HS – Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ir H Heri Amalindo MM, dalam acara senam ria bersama warga Talang Ubi, Minggu (9/10) di lapangan Gelora November, Komplek Pertamina Pendopo mengajak warga PALI untuk menjalankan program dua anak cukup.

Tidak hanya itu, Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumsel ini menghimbau kepada masyarakat untuk turut mensosialisasikan program Keluarga Berencana (KB).

“Dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia, sehat dan sejahtera tidak akan tercapai apabila tidak terencana dengan baik,” kata Heri Amalindo, sebelum mengajak warga foto bersama.

“Cita-cita kita pasti sama, yakni ingin sehat, bahagia dan sejahtera. Kalau mau sehat harus rajin berolahraga, dan kalau mau sejahtera rencanakan hidup yang matang. Salah satunya ikuti program KB, yaitu Dua anak cukup. Karena istilah banyak anak banyak rejeki hanyalah mitos yang tidak benar,” katanya.

Ditempat sama, Suprihyatno, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKB-PP) Kabupaten PALI menjelaskan pentingnya ber-KB.

“Benar kata pak Bupati tadi, bahwa kalau kita mau sejahtera, kita harus ikut KB dengan mempunyai anak cukup dua saja. Karena apabila demikian, kita tidak terlalu banyak beban dan bisa merencanakan hidup yang lebih baik serta bisa menjamin pendidikan anak-anak kita,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa selain mencanangkan cukup dua anak saja, pihaknya terus melakukan sosialisasi mencegah banyaknya pernikahan di usia dini.

“Selain menganjurkan masyarakat ber-KB, kita juga selalu sosialisasikan serta mengajak masyarakat PALI untuk tidak menikahkan anaknya di bawah umur, jauhi Narkoba dan kenakalan remaja lainnya. Agar angka perceraian, kematian ibu atau bayi saat melahirkan bisa diminalisir. Karena pernikahan usia dini bisa memicu banyak hal karena kekurangsiapan menghadapi pernikahan,” jelasnya seraya mengajak kepada seluruh masyarakat PALI untuk mengikuti program pemerintah, salah satunya ikut KB. (MAN)