Bupati Empatlawang melantik pejabat eselon satu dan mengukuhkan pejabat di tingkat bawahnya.

EMPATLAWANG, HS – Kekosongan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Empatlawang setelah ditinggal oleh H Edison Jaya yang menempati jabatan baru sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Empatlawang tidak berlangsung lama.

Hanya berselang kurang lebih 3 (tiga) hari setelah Edison Jaya dilantik oleh Bupati Empatlawang sebagai Sekda Empatlawang, kekosongan jabatan Kadisdukcapil Kabupaten Empatlawang langsung diisi oleh pejabat yang baru.

Setelah sempat menjadi teka-teki siapa yang akan dilantik akhirnya diketahui adalah Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Empatlawang. Peterson Okki Bial harus meninggalkan jabatan yang baru didudukinya sekitar tiga bulan yang lalu itu karena kembali dipercaya menduduki jabatan sebagai Kepala Disdukcapil Kabupaten Empatlawang.

Di aula Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Empatlawang, pelaksanaan upacara pelantikan Kadisdukcapil beserta pejabat eselon dibawahnya tersebut langsung dipimpin oleh Bupati Empatlawang, H Syahril Hanafiah, Jum’at (24/3).

Disaksikan Sekda Empatlawang, H Edison Jaya, Assisten dan Staf ahli Bupati Empatlawang, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Empatlawang serta tamu undangan lainnya, pelantikan berjalan mulus tanpa ada hal yang cukup mengganggu. Meski pelaksanaan pelantikan dilakukan dengan sederhana namun tidak mengurangi kekhidmatan pelaksanaan pelantikan.

Dalam sambutannya usai memimpin pelantikan dan sumpah jabatan Kadisdukcapil Empatlawang beserta pejabat esselon dibawahnya, Bupati Empatlawang, H Syahril Hanafiah mengatakan mengangkat dan memberhentikan pejabat di lingkungan Disdukcapil itu harus berdasarkan persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam prosesnya, kepala daerah mengajukan setidaknya tiga orang dan Menteri berhak memilih.

“Kita tidak mengajukan satu orang, kita mengajukan tiga orang. Menteri yang memilih, bukan kepala daerah yang menentukan. Ternyata, Peterson Okki Bial yang disetujui. Mereka (menteri, Red) maunya dia yang diangkat jadi Kadisdukcapil Empatlawang,” jelas Syahril.

Pada kesempatan tersebut Bupati Empatlawang mengucapkan selamat kepada Kadisdukcapil yang baru dan pejabat esselon dibawahnya yang telah dikukuhkan kembali. Dia berharap kinerja Disdukcapil Kabupaten Empatlawang dapat berjalan lebih baik lagi ke depannya.

“Jabatan adalah amanah, maka pegang amanah itu dengan sebaik-baiknya. Selamat kepada semua pejabat di Disdukcapil, atas dilantiknya hari ini. Hanya Kepala saja yang baru, lainnya dikukuhkan saja ” ungkapnya.

Sementara itu dengan telah dilantiknya Peterson Okki Bial sebagai Kepala Disukcapil Kabupaten Empatlawang jabatan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Empatlawang langsung ditunjuk oleh Bupati Empatlawang, H Syahril Hanafiah.

Drs Hamdan yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Empatlawang dipercaya mengemban amanah sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bapeda Empatlawang sampai masa penjabat Kepala Bapeda Empatlawang defenitif, sudah ditentukan melalui mekanisme lelang jabatan.

Bupati Empatlawang H Syahril Hanafiah mengatakan kekosongan jabatan Kepala Bappeda langsung dilakukan pengisian. “Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Empatlawang Drs Hamdan saya tunjuk sebagai Pelaksana tugas Kepala Bapeda Empatlawang.

“Nanti kita juga akan gunakan mekanisme lelang jabatan untuk mengisi jabatan defenitif di sana,” ujar Bupati. (ELW)