PALEMBANG,HS – UIN Raden Fatah Palembang menggelar acara Tabliqh Akbar Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah dengan menghadirkan penceramah kondang ibukota Ustadz Abdul Somad LC MA di Gedung Akademik Center,  Jumat (23/11/2018). Ribuan mahasiswa antusias hadir dalam acara tersebut,  bahkan ada beberapa mahasiswi yang pingsan.
Dalam ceramahnya,  Ustadz Abdul Somad mengajak mahasiswa dan mahasiswi UIN Raden Fatah untuk ikut meneladani sikap nabi Muhammad SAW.  Sikap nabi Muhammad SAW yang harus diteladani yang pertama adalah nabi Muhammad SAW tidak pernah minta uang dengan orang tuanya.
“Ini memberikan pelajaran kepada kita untuk hidup mandiri.  Saya juga ketika kuliah di Mesir pada 1998 hingga 2002 tidak pernah minta uang dengan orang tua.  Saya di Mesir kuliah mendapatkan beasiswa,  tapi saya disana kuliah  juga bisa sambil bekerja. Anak-anak UIN Raden Fatah kalaupun minta uang dengan orang tua jangan memaksa,  tahan-tahan selera,” ujarnya.
Sikap nabi Muhammad SAW kedua yang harus dicontoh,  lanjut Ustadz Abdul Somad,  adalah nabi sejak kecil sudah bekerja dengan cara mengembalakan kambing dan berdagang.  Itu menunjukkan kalau nabi Muhammad SAW memiliki jiwa interpreneur.
“Adik-adik yang pandai buat pempek lanjutkan,  bangkitkan jiwa interprenuer kalian,” imbuhnya.
Selanjutnya,  sambung Ustadz Abdul Somad, sikap nabi Muhammad yang patut ditiru adalah beliau tidak pernah pacaran.
“Beliu menikah dengan Khadijah saat berusia 25 tahun.  Ikutilah sikap nabi Muhammad yang tidak pernah pacaran.  Karena pacaran akan merugikan perempuan dan dapat merusak masa depan,” tutupnya