Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel menjuarai seri pembuka Formula 1 di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia.

MELBOURNE, HS – Pembalap Jerman yang memperkuat tim Formula 1 Ferrari, Sebastian Vettel, menjadi juara di seri pembuka F1 2017 setelah menjadi yang tercepat di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia.

Bagi Vettel, kemenangan ini menjadi bertambah spesial karena ini pertama kalinya ia kembali naik di podium pertama setelah terakhir memenangi seri balapan F1 tahun 2015 lalu di Singapura. Sebelumnya, Vettel hanya sekali mencicipi kemenangan di Australia, tepatnya di tahun 2011 bersama tim Red Bull.

Grand Prix Australia berlangsung cukup menarik, balapan dimulai dengan pembalap tim Marcedez, Lewis Hamilton di posisi terdepan. Sebastian Vettel yang terus menguntit di belakang dan masih terpaut satu detik sebelum Hamilton terpaksa masuk pit pada lap ke 17 untuk melakukan pergantian ban.

Vettel pun mampu memaksimalkan keadaan, menyalip Hamilton dan terus menggeber mobilnya hingga memperlebar jarak dengan Hamilton. Strategi ini sangat efektif, buktinya ketika giliran Vettel masuk pit stop di menit ke-24, tak ada pembalap yang mengambil alih pimpinan lomba dari tangannya. Vettel sedikit diuntungkan dengan posisi Max Verstappen di belakangnya yang menahan laju Lewis Hamilton.

Hingga balapan berakhir, Sebastian Vettel mampu mempertahankan posisinya dan finish sebagai juara. Sementara Lewis Hamilton harus puas di posisi kedua. Podium ketiga menjadi milik rekan Hamilton di tim Mercedes, Valtteri Bottas.

Seri pembuka Formula F1 di Australia 2017 kali ini menjadi pembuka musim yang kurang mengenakkan bagi 7 pembalap yang gagal menyelesaikan lomba hingga akhir.

Mereka yakni pembalap McLaren berkebangsaan Spanyol, Fernando Alonso,  pembalap tim Haas berkebangsaanl Denmark, Kevin Magnussen, pembalap tim Williams berkebangsaan Kanada, Lance Stroll, pembalap  Red Bull berkebangsaan  Australia, Daniel Ricciardo.

Kemudian pembalap tim Sauber berkebangsaan Swedia, Marcus Ericsson, pembalap tim Renault berkebangsaan Inggris Raya, Jolyson Palmer, serta pembalap Haas berkebangsaan Perancis, Romain Grosjean. Sementara mantan rekan Rio Haryanto di tim Manor, Pascal Wehrlein yang musim ini memperkuat tim Sauber absen dari lomba karena cidera.

Selanjutnya, seri Formula 1 selanjutnya akan dilaksanakan di Shanghai International Circuit, Shanghai, China pada 9 April 2017 mendatang. (MIM)