PALEMBANG,HS – Gubernur Sumsel H. Herman Deru melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang Bulog yang berada di Jalan Kolonel H. Burlian KM. 9 Palembang, Jum’at (20/3).

Sidak tersebut guna memastikan langsung ketersediaan pangan khususnya beras untuk masyarakat Sumsel di tengah mewabahnya Corona Virus Desease-19 (Covid-19) di Indonesia.

“Disaat isu Covid-19 ini masih berlangsung, tentu kita tidak boleh lupa dengan persediaan pangan kita,” kata HD disela sidaknya.

Menurutnya, persediaan beras untuk seluruh wilayah di Sumsel masih aman.

“Saya tidak ingin hanya mendengar laporan. Tapi setelah melihat kenyataannya seperti ini, saya pastikan pangan kita tidak ada yang perli dikhawatirkan,” tegasnya.

Bahkan, HD memastikan persediaan beras tersebut bisa digunakan sampai 5 bulan kedepan.

“Pasca lebaran nanti masih tercukupi. Yang membanggakan, persediaan beras ini adalah hasil dari petani Sumsel,” terangnya.

Dia menyebut, persediaan beras yang ada di gudang bulog tersebut saat ini mencapai 16 ribu ton.

“Apalagi saat ini di beberapa lumbung pangan Sumsel lagi masa panen. Saya yakini persediaan ini terus stabil. Apalagi dengan stabilitas mental masyarakat Sumsel yang terjaga tentu akan mendorong stabilanya pangan,” tuturnya.

Hanya saja, untuk menghindari kepanikan pembelian di tengah masyarakat, Pemprov Sumsel akan menerapkan pembatasan pembelian pangan.

“Tetap Dinas Perdagangan dan pihak kepolisian untuk melakukan pengawasan dan pembatasan pembelian untuk menghindari panic buying,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, usai melakukan sidak ini dirinya akan melakukan peninjauan langsung ke sejumlah tempat termasuk pasar.

“Tentu dalam waktu dekan saya akan lakukan peninjauan ke tempat lain seperti pasar dan lainnya. Sprit kita harus tetap terjaga dalam menghadapai Covid-19 ini,” pungkasnya.(Rill/Ron)