Ferdian ketika menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi di atas podium DPRD PALI

Wabup PALi, Ferdian Andreas Lacony ketika menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi di atas podium DPRD PALI

PALI, HALUAN SUMATERA – Menanggapi pemandangan umum keenam fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Bupati melalui Wakil Bupati PALI, Ferdian Andreas Lacony membeberkan jawaban dihadapan 17 Anggota DPRD dan Forum Kepala Perangkat Daerah (FKPD), Senin (22/8).

Wabup menyatakan sepakat atas usulan dan saran serta kritikan yang disampaikan fraksi-fraksi dalam rapat paripurna sebelumnya, dimana banyak menyoroti pentingnya dikeluarkannya Perda Pemerintah Desa (Pemdes) dan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 namun harus dibarengi dengan pembinaan, pendampingan dan pengawasan serta penempatan SDM yang tepat.

“Kami mengucapkan terimakasih atas pandangan yang telah disampaikan semua fraksi. Kami juga sepakat adanya pendampingan, pembinaan dan pengawasan apabila Perda Pemdes dan RPJMD dikeluarkan, serta penempatan tenaga yang tepat untuk membuat perencanaan suatu pembangunan,” ujar Ferdian, Senin (22/8).

Politisi PDIP ini berharap Raperda yang diajukan Pemkab bisa disetujui untuk dikeluarkan menjadi Perda.

“Pentingnya Raperda Pemdes dan RPJMD untuk menguatkan Pemerintah Desa serta menentukan pembangunan daerah ke depan diharapkan agar bisa disetujui oleh pihak legislatif dan bisa dikeluarkan menjadi Perda. Kemudian, kami juga setuju perlu adanya koordinasi antara legislatif dan eksekutif untuk mewujudkan masyarakat sejahtera,” harapnya.

Selanjutnya rapat akan dilanjutkan kembali pada, Jumat (26/8) mendatang untuk memberikan kesempatan kepada panitia khusus (Pansus) dalam menyampaikan pendapatnya tentang 2 Raperda yang diajukan Pemkab PALI.

Sementara itu, pimpinan DPRD melalui Ketua Komisi II, Irwan ST menjelaskan telah dibentuk dua pansus.

“Pansus I diketuai oleh Asri AG dan Pansus II diketuai oleh H Amran. Kedua pansus ini nantinya akan mengkaji jawaban serta raperda yang telah diajukan oleh pihak eksekutif. Kita lihat saja hasilnya pada Jumat nanti,” tambahnya.  (Man)