PALEMBANG,HS – Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel H. Mawardi Yahya menerima kunjungan Singapore Senior Official di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Senin (22/7) pagi. Di hadapan delegasi yang hadir itu, Wagub Mawardi mengatakan bahwa Provinsi Sumsel membuka pintu lebar-lebar untuk kerjasama yang bisa dilakukan kedua belah pihak. Termasuk misalnya di bidang publik servis, kawasan ekonomi khusus hingga sport tourism.
Dikatakan Mawardi, secara umum Provinsi Sumsel  memiliki sejumlah potensi yang dapat dikerjasamakan. Seperti sumber daya bidang pertanian, Sumsel memiliki hasil pertanian yang besar meliputi padi, jagung, karet, kelapa sawit, kopi dan kelapa.
Kemudian di bidang energi, Sumsel memiliki potensi batubara, gas alam, minyak bumi, coalbed methane dan panas bumi. Saat ini dijelaskannya juga perekonomian di Sumsel terus mengalami pertumbuhan. Demikian halnya inflasi di Sumsel tahun 2018 sebesar 2,74 % lebih rendah dibandingkan nasional.
” Saya jamin tidak ada hambatan kerjasama Singapura dengan Sumsel-Palembang. Karena ada kesamaan budaya sehingga kerjasama akan lebih mudah. Sesuai arah Gubernur juga Sumsel akan membuka pintu lebar-lebar bagi rombongan Singapura ini untuk menjalin kerjasama,” jelasnya.
Setelah berkunjung ke Palembang dan mengenal Sumsel secara keseluruhan, Mawardi berharap akan muncul peluang kerjasama yang dapat dilakukan dan menguntungkan Singapura dan Indonesia khususnya Sumsel.
“Palembang pernah menjadi tuan rumah Asian Games dan semua fasilitas yang dibangun itu bertaraf internasional. Kami juga mengundang kerjasama bidang olahraga dan juga sport tourism karena sport tourism ini sudah menjadi andalan untuk mendongkrak perekonomian Sumsel,” tambah Mawardi.
Dikatakan Mawardi saat ini Sumsel juga tengah fokus mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api. Dengan terealisasinya KEK ini diyakininya akan semakin mempermudah hubungan kerjasama keduanya terutama hubungan perdagangan.
” Sumsel ini luas sekali dan potensinya banyak. Silahkan pilih bidang yang cocok apa yang bisa dikerjasamakan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Rombongan Senior Officials Mr Ng Pak Sun mengatakan, kunjungan mereka ini bertujuan mengenal langsung Provinsi Sumsel. Maka dari itu selain bersilaturhami dengan Pemerintah Provinsi mereka juga akan berkeliling melanjutkan kunjungan ke Pemerintah Kota Palembang.