PALEMBANG,HS – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Selatan semakin mendapat respons dari berbagai pihak. Tanpa terkecuali dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Hal itu diungkap Wakil Gubernur H Mawardi Yahya yang berjanji akan mengakomodir sekaligus memfasilitasi SMSI Sumsel agar dapat bersinergi dengan Pemprov Sumsel.
“Prinsipnya, itu yang dibutuhkan. Nanti kita bicarakan dengan Biro Humas agar (SMSI Sumsel) bisa diakomodir,” ungkap Wagub saat menerima kunjungan pengurus SMSI Sumsel di ruang kerjanya, Rabu (20/3/2019).
Senada dikemukakan Plt Kadiskominfo Sumsel John Kennedy, Saat dikonfirmasi,dirinya mengatakan, Diskominfo menyambut hangat kehadiran SMSI di Sumsel.
“Yang paling penting, pada prinsipnya kami Diskominfo siap bekerja sama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang ada di Sumsel,” ungkap John Kennedy.
Ditambahkannya, Diskominfo Sumsel siap membahas program kerja sama terkait perkembangan media siber di Sumsel. “Kalau sudah ada organisasi (SMSI Sumsel), kita bisa bertemu, berbicara bagaimana media siber itu ke depan,” jelasnya.
Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri SSos berterima kasih atas respons yang diberikan pemerintah provinsi. Dalam hal ini terkait pelaksanaan pelantikan pengurus dan eksistensi anggota SMSI Sumsel. “Hingga kini tercatat ada 75 media siber yang tergabung di SMSI Sumsel,” papar Jon Heri didampingi Heru Siswanto (Wakil Ketua Bidang Hubungan Antarlembaga dan Kerja Sama) dan Andri Gustian (Ketua Departemen Pendataan dan Verifikasi).
Diketahui, SMSI adalah organisasi untuk menghimpun perusahaan media siber sebagai kelanjutan pergerakan masyarakat pers. SMSI didirikan di Banten pada 7 Maret 2017. Sejumlah nama besar elite media bergabung di SMSI. Terdapat nama Chairul Tanjung sebagai ketua dewan penasihat, Mirza Zulhadi (sekretaris). Adapun anggota dewan penasihat, yakni Dahlan Iskan, Alwi Hamu, Jaya Suprana Prita Kemal Gani, Rizal Ramli, dan Teguh Santosa.
Kepengurusan SMSI di Sumsel terbentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pengurus Pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) No 047 /KPTS/SMSI-Pusat/II/2019 tentang Reshuffle Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumatera Selatan Masa Bakti 2017-2022 dan ditandatangani Ketua SMSI Auri Jaya dan Sekretaris Firdaus pada 5 Februari 2019. (rel)