BJ Habibie

 JAKARTA, HS Rabu (15/2/2017), Presiden Republik Indonesia ketiga BJ Habibie turut menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Habibie menyatakan apresiasinya atas kelancaran Pilkada.

“Berjalan lancar dan hari ini oke, debatnya baik,” jelas Habibie di TPS 05 Patra Kuningan.

Namun demikian, kata Habibie, pilihan dan hasil Pilkada harus diserahkan kepada rakyat sendiri. Yang terpenting, kata dia, kualitas hidup masyarakat harus membaik.

Selain itu, dia juga berharap bahwa Pilkada akan memberikan pemerataan dan keadilan bagi masyarakat. Masyarakat juga harus berjuang agar pemerataan dapat berjalan baik dan perlahan menuju kesempurnaan.

Habibie mengingatkan kembali pluralisme yang ada di Indonesia, khususnya Jakarta. Sehingga, ia berharap tidak ada lagi isu SARA maupun perbedaan yang dikemukakan.

“Wajah dari seluruh bangsa Indonesia adalah Anda semua di Jakarta. Sekarang wajah ini justru diperhatikan berdasarkan kenyataan bahwa kita pluralistik, tidak mengenal SARA, memperhatikan minoritas, dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ungkap Habibie.

Ia berharap, Indonesia dan Jakarta akan semakin sejahtera dan makmur. Layaknya sebuah keluarga, ia berharap pula Indonesia dan Jakarta akan menjadi keluarga yang sakinah, senantiasa diliputi ketenangan.

“Saya optimis melihat perkembangan dan berkembangnya demokrasi di Indonesia dengan baik,” tutur Habibie. (KOM)