PALEMBANG,HS – Meskipun semalam sudah turun hujan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tetap kembali mengelar Salat Istisqo di Halaman Kantor Gubernur Sumsel, Selasa (29/10/2019).

Ratusan pegawai yang ada di lingkungan Pemprov Sumsel, TNI, Polri dan pejabat terkait lainnya turut serta dalam salat Istisqo.

“Walau semalam sudah hujan kita masih salat istisqo. Kita ingin hujan ini berkesinambungan, artinya hujan yang membawa berkah,” kata Gubernur Sumsel Herman Deru.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika ada pertanyaan semalam sudah hujan pak Gubernur. Menurutnya, sapa yang bisa bilang hujan ini turunya alami, karena bisa juga ini karena modifikasi cuaca.

Karena sudah satu bulan ini tim TMC masih terus bekerja, bahkan dalam satu hari banyak titik yang ditebar garam. Akibat ada perubahan atmosfir maka tidak semau awan berpotensi hujan.

“Bersyukur semalam hujan. Mudah-mudahan hujan semlam awalan masuk musim penghujan. Saya monitor hujan ini baru terjadi di Palembang, OKI belum masih ada hotspot, Pagaralam belum dan daerah-daerah lainnya juga belum,” katanya.

Menurutnya, kalau yang menyelenggarakan Pemkot ia tidak perlu lagi tapi ini kan Pemprov yang menaungi 17 Kabupaten/Kota. Dengan luasan 91 ribu km persegi dan hujanya belum merata.

Untuk itu perlu diadakam salat ini agar bisa melewati ujian-ujian dan terhindar dari bencana asap.  Menurutnya, tidak ada yang tidak kerja untuk mengendalikan dan memcegah karhutla ini.

“Berangkat dari niat baik untuk kepentingan masyarakat Provinsi Sumsel memohon kepada Allah untuk mendapatkan curahan hujan dan rahmat serta rejeki yang berkesinambungan,” tutupnya.