unnamedPALEMBANG,HS WaliKota Palembang Harnojoyo beserta masyarakat, jajaran dan relawan menggelar gotong royong di Kelurahan 36 Ilir, Kecamatan Gandus, Minggu (13/11).

Gotong royong yang dipusatkan di anak Sungai Manggis, Jalan Kadir TKR, Lorong Sailun, di RT 30 RW 06, itu dihadiri ratusan orang.

Warga nampak antusias mengikuti gotong royong. Nyaris di tiap sudut anak sungai warga mengangkut sampah.

Ada yang terjun langsung ke anak sungai. Mengambil sampah dengan tangan dan melemparkannya ke daratan Ada yang mengais sampah dari bibir anak sungai dengan alat pengait. Aliran anak Sungai Manggis memang lumayan kompleks dan berkelok-kelok.

Apalagi, jalan di permukiman warga di sana sempit. Mayoritas rumah warga juga dari kayu. Daerah ini agak kumuh.

Wali Kota Harnojoyo, seperti biasa, bersemangat gotong royong. Ia terjun langsung ke anak sungai, bermandi peluh. Pakaiannya penuh lumpur.

Harnojoyo mengingatkan warga untuk terus menjaga kebersihan lingkungan. Orang nomor satu di Palembang ini mewanti-wanti betul agar warga jangan membuang sampah sembarangan, apalagi di anak sungai maupun drainase permukiman. Apalagi saat ini musim penghujan.

“Sampah yang menumpuk bisa menghambat aliran air. Karena itulah, sampah di anak sungai ini harus selalu bersih,” ujar Harnojoyo.

Ia mengatakan, dengan gotong royong, bisa menghemat APBD. “Tadi kita bersihkan sampah di anak sungai ini, sekitar 500 meter. Jika pakai APBD Pemkot, bisa menghabiskan anggaran Rp 250 juta. Dengan gotong royon lebih hemat dan terjalin kebersamaan,” ujar Harnojoyo pula.

Sekitar dua jam gotong royong, anak Sungai Tatang mulas i bersih dari sampah. Aliran air lancar.

Di lokasi gotong royong, Pemkot Palembang melalui instansi terkait juga menyediakan pelayanan publik. Mulai dari pengurusan izin, perekaman KTP elektronik, pemeriksaan kesehatan, hingga perpustakaan keliling. (UDI)