Wapres Jusuf Kalla memukul gong tanda dibukanya Sidang Umum Interpol ke 85.

Wapres Jusuf Kalla memukul gong tanda dibukanya Sidang Umum Interpol ke 85.

NUSADUA, HS – Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali, Senin (7/11) dibuka Wakil Presiden RI, H M Jusuf Kalla. Acara ini dilangsungkan dari hari Senin hingga Kamis (10/11).

Pertemuan tahun ini mengusung tema ‘Setting a Global Roadmap for International Policing’. Tiga program bahasan prioritas yakni cyber crime, terorisme serta emerging and organized crime.

Dalam sambutannya, JK menyampaikan salam dari Presiden Jokowi yang berhalangan hadir dalam acara ini. JK juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan menjadi tuan rumah yang diberikan kepada Indonesia.

“Selamat datang para delegasi dari 190 negara seluruh dunia. Jadi satu kehormatan bagi saya untuk menyampaikan perspektif saya sebelum sidang. Tugas kepolisian seluruh dunia hari ini sangat berat, menghadapi masalah yang kian banyak, jadi sidang Interpol ini diharapkan tidak hanya seremoni,” kata JK dalam sambutannya, Senin (7/11).

Sementara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam pidatonya mengaku sangat bangga bisa berada saat pembukaan Sidang Umum Interpol.

“Ini merupakan pertama kali Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan akbar seperti Sidang Interpol. Ini sangat penting dan bersejarah,” tegas Kapolri.

Acara ini turut dihadiri Presiden Interpol Mireille Ballestrazzi, Secretary General of Interpol Juergen Stock, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menhub Budi Karya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika. (HS)