Jpeg

PALI, HALUAN SUMATERA – Pawai karnaval memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-71 tahun di Bumi Serepat Serasan berlangsung meriah, Kamis (18/8).

Tampak ratusan peserta mengikuti festival pawai karnaval, mulai dari kalangan pelajar, maupun dari kalangan umum seperti diikuti oleh instansi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan juga dari masyarakat kota Pendopo ibukota dari Kabupaten PALI.

Selain menampilkan pakaian adat dan pakaian pejuang, para peserta juga ada yang menampilkan kreativitas seperti menghias mobil dan dandanan mereka agar terlihat unik dan menarik dan mendapat penilaian dari juri.

Pantauan awak media, meski di kondisi panas yang terik, namun tidak menyurutkan antusias dari seluruh peserta, bahkan untuk anak didik PAUD.

Pawai dimulai dengan garis start di Lapangan Gelora November kemudian Simpang Lima, Gang Masjid, Simpang Empat Talang Pipa hingga akhirnya finish kembali ke Lapangan Gelora November.

Salah satu juri membeberkan bahwa penilaian untuk para peserta ada lima kategori, antara lain kekompakan kerapian, keberagaman, kesesuaian tema, dan penampilan, baik itu ketika start, di depan panggung kehormatan, dan selama perjalanan hingga finish.

Usai menyaksikan langsung pawai, Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM yang didampingi Wakil Bupati PALI, Ferdian Andreas Lacony mengapresiasi telah suksesnya acara ini.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang turut memeriahkan HUT RI ke-71 di Kabupaten PALI.

“Kami bangga, masyarakat dan seluruh peserta pawai sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ada yang menampilkan keberagaman daerah, ciri khas PALI, dan lain sebagainya. Ini bukti masyarakat PALI memiliki  semangat kemerdekaan yang sangat tinggi, dan kami harap semangat ini akan semakin meningkat untuk mewujudkan PALI Cemerlang Sumsel Gemilang,” kata Heri kepada media.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel ini berjanji akan lebih memeriahkan pawai karnaval di Kabupaten PALI.

“Ini agenda rutin pemerintah kabupaten PALI. Insya Allah ke depan, kita lebih meriahkan lagi. Karena inilah moment yang pas untuk meningkatkan rasa cinta, persatuan dan kesatuan terhadap sesama,” tandasnya.

Terpisah, Suherman ST tokoh masyarakat Desa Simpang Tais, Kabupaten PALI mengaku pawai kali ini cukup meriah.

“Seperti biasa, pawai kali ini cukup meriah. Apalagi tadi kita saksikan mobil-mobil yang dihiasi sehingga menjadi sangat menarik. Ini merupakan salah satu wujud syukur dan bahagia masyarakat Bumi Serepat Serasan dalam mengisi kemerdekaan RI yang ke-71 tahun,” beber Suherman. (MA)