Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten PALI.

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten PALI.

PALI, HS – Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Irma Suryani Anggota DPR RI Komisi IX mengajak warga Bumi Serepat Serasan untuk menjalani pola hidup yang sehat.

Ajakan tersebut dikemas dalam sebuah workshop Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digelar kemarin (6/11) bertempat di Gedung Pesos Komplek Pertamina Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.

Dengan dihadiri Anggota DPRD Kabupaten PALI, Iip Fitriansyah dan Soemarjono, Sekda kabupaten PALI H. Robby Kurniawan SSTP MSi, Kepala Dinkes Kabupaten PALI, dr Hj Eni Zatila MKm dan jajaran staf kemenkes RI serta Kepala SKPD di ruang lingkup Pemkab PALI.

Sebelum dilakukan talkshow, para peserta sempat melakukan senam peregangan dengan meniru gerakan yang ada dalam video yang ditampilkan.

Anggota DPR RI, Irma Suryani menjelaskan bahwa hidup sehat itu adalah hidup yang sehat jasmani dan rohani.

“Artinya, sehat itu tidak hanya sehat fisik, tapi juga sehat mental. Percuma kalau kita kaya, tapi kita sakit. Kemudian juga, kita akan menjadi kepikiran apabila ‘kantong’ kita yang tidak sehat,” jelasnya.

Untuk mencapai hidup yang sehat, Irma Suryani memberikan tipsnya.

“Yang pertama adalah komitmen untuk menjaga kesehatan, kemudian jaga keimanan. Karena orang yang beriman erat hubungannya dengan kebersihan. Selain itu, jaga pola makan yang seimbang dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur,” beber politisi Partai Nasional Demokrat itu.

“Dan yang terakhir, cek kesehatan sejak dini serta berhenti merokok,” tutupnya.

Sementara itu, H Robby Kurniawan merasa bangga karena Kabupaten PALI menjadi salah satu daerah yang difokuskan untuk menggelar sosialisasi Germas dari Menteri Kesehatan.

“Kita termasuk 100 kabupaten di Indonesia yang menggelar sosialisasi Germas. Program Germas sendiri merupakan salah satu strategi baru yang dilakukan kementerian kesehatan untuk meningkatkan kualitas di bidang kesehatan,. Karena, selain memberikan obat, cara yang tepat yaitu menggalakkan pencegahan dengan pola hidup bersih dan sehat,” tutur Robby.

Terpisah, dr Hj Eni Zatila MKm, menyimpulkan setidaknya untuk menjalani hidup sehat, maka bisa dilakukan dengan pola CERDIK.

“Cek Kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga fisik, Diet sehat, Istirahat secukupnya, kemudian Kelola stres atau pikiran,” beber dr. Eni.

Kendati demikian, menurut mantan Dirut RSUD Talang Ubi ini langkah awal untuk memulai itu semua haruslah dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

“Tentu itu diawali dari PHBS. Bagaimana kebersihan lingkungan kita, pola makan atau asupan gizi kita, kemudian  barulah bisa dicapai hidup yang sehat. Karena sejatinya, sehat itu tidak mahal kok, asalkan kita mau berperilaku bersih dan sehat,” tandasnya. (MAN)