PALEMBANG,HS – Setelah sholat subuh puluhan anggota Satgas TMMD ke 104 Kodim Palembang bersama warga dan Polisi Kamis (7/3) telah berkumpul di Kelurahan Pulokerto RT 24 Gandus Palembang. Mereka diperintahkan untuk merobohkan dan membangun rumah seorang janda bernama Salbiah (41).

Puluhan prajurit TNI ini mendapat perintah langsung dari Komadan Kodim 0418 Palembang, Letkol Inf Honi Havana. Aksi prajurti TNI ini ternyata mendapat bantuan dari warga sekitar rumah Salbiah dan polisi. Tidak memakan waktu lama, kurang lebih 15 menit rumah Salbila langsung rata dengan tanah.

Puing-puing bangunan rumah yang sebagian besar terbuat dari bahan atap daun ini langsung dibersihkan oleh Prajurit TNI dan dibantu oleh warga. Aksi prajurit TNI ini bukan sebagai bentuk melawan hukum, tetapi lebih pada menunjukkan rasa belas kasihan dari TNI untuk memberikan tempat tinggal yang lebih layak terhadap Salbiah sebagai seorang janda yang menghidupi kedua anaknya.

Rumah Salbila yang dirobohkan itu dinilai tidak layak huni, sehingga bertepatan dengan kegiatan Satgas TMMD ke 104 Kodim Palembang, di desa Pulokerto Gandus Palembang menemukan bangunan yang dari layak untuk ditempati.

Salbiah (35) sendiri tak dapat menahan air mata rasa sedih dan bahagia bercampur menjadi satu, yang selama ini hidup bertahun-tahun di atas rumah yang nyaris roboh. Tetapi dengan kemurahan hati dari prajurit TNI rumah tersebut diganti dengan yang baru dan benar-benar layak huni lengkap dengan perabotan seperti tempat tidur, Televisi serta lemari hingga ke peralatan memasak.

“Kami tak bisa berkata apa apa kecuali mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah peduli, sebelumnya kami tidak menyangka didatangi oleh orang nomor satu di Kodim Palembang, dan pak Dandim berjanji akan memperbaiki rumah kami, dan tidak menyangka lagi akan diperbaiki secepat ini, ” ujar Salbiah sambil memeluk kedau anaknya.

Salbiah juga tidak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada lurah, Rukun Tetangga serta warga yang selama ini terus memberikan bantuan, sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Salbiah yang sehari-hari bekerja sebagai pencari barang bekas, untuk menghidupi kebutuhan dirinya dan kedua anaknya.

Sementara itu Dandim Palembang Letkol Inf Honi Havana yang juga menjabat Dansatgas TMMD ke 104 mengatakannya dalam rangka kegiatan TMMD ini bukan hanya memberikan fasilitas umum untuk warga, seperti pembangunan jalan, tempat ibadah dan juga fasilitas lainnya. Tetapi TNI selalu terpanggil hatinya untuk membantu sesama jika ada yang membutuhkan.

Dalam kegiatan TMMD ini, dikatakannya mendapat laporan dari Lurah Pulokerto bahwa ada warganya menempati rumah yang dinilai tidak layak huni, setelah didatangi ternyata memang benar dan kami langsung terjunkan prajurit untuk melakukan bedah rumah.

“Kami melihat dan mengecek langsung ke lapangan ternyata memang benar ada warga yang tinggalnya di rumah yang tidak layak huni. Dan ini kami prioritaskan meski ini diluar dari program TMMD bedah rumah, rasa terpanggil teman-teman untuk memberikan kehidupan yang layak terhadap ibu Salbiah.”ujar Honi.

Dikatakan Honi bantuan ini bukan hanya dilakukan oleh prajurit Kodim 0418 Palembang, teapi juga di bantu oleh Puluhan satgas TMMD dari Yon Arhanud 12 untuk melakukan perbaikannya, sehingga pengerjaan yang kami lakukan cepat selesai dan bisa langsung ditempati.

“Insha Allah sore ini bisa kita selesaikan dan ini lengkap dengan propertinya, seperti TV, Lemari, dan peralatan rumah tangga lainnya,” ujar Honi.

Dijelaskan Honi selain melakukan bedah rumah milik Salbiah, para prajurit TNI juga melakukan renovasi 2 rumah yang kondisinya memang lebih baik dari rumah dibedah.

“Sebelum lebih para kita juga memberikan renovasi dan ini tetap dilakukan semua prajurit, rumah ini direnovasi karena kondisinya lebih baik dari rumah yang kita bedah,” tegas mantan pengawal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.