Para wartawan yang tergabung di Ikatan Wartawan Online foto bersama

PALEMBANG, HS – Jodhi Yudono Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Wartawan Online menyebutkan saatnya wartawan menguasai pelbagai ilmu dan pengetahuan. Jadilah wartawan yang benar-benar amanah.

“Marilah kita bergabung, saling berpegangan tangan, sehingga IWO Sumsel dapat menjadi organisasi yang amanah, menyampaikan pesan yang baik. Dan, pesan-pesan perdamain,” ucap Jhodi ketika mengukukuhkan Ikatan Wartawan Online (IWO) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumsel di Aula DPRD Provinsi Sumsel, Sabtu 2 September 2017.

Tak sampai di situ. Tutur Jodhi, wartawan online juga harus memersiapkan diri dengan mengusai berbagai ilmu pengetahuan. Apalagi saat ini zaman kian tak menentu yang terkadang  membingungkan semua orang.

“Nah, wartawan online itu tak cuma pandai menulis. Namun,  harus bisa foto, buat video, serta mengusai keahlian lainnya. Percayalah, wartawan akan diperhitungkan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang dimilikinya. Sekarang ini wartawan sedang menghadapi zaman yang membingungkan,” disampaikannya.

Mengapa IWO dilahirkan? Kata Jodhi, IWO adalah organisasi wartawan yang akan menjadi kekuatan besar bagi wartawan online. Untuk itu, kata Jhodi, wartawan online perlu tetap menjaga mutu dan semangat profesionalisme.

“Di sini, urgensi peran wartawan itu terwujud lewat sebuah koordinasi perjuangan dan organisasi yang memberikan fakta pemberitaan. ,” ujarnya.

Gayung pun bersambut. Ketua DPW IWO Sumsel periode 2017-2022, Sonny Kushardian nampak antusias dalam pelantikan tersebut. Menurut Sonny, usai pelantikan DPW IWO Sumsel, dalam waktu dekat ini pengurus bersiap berangkat ke Jakarta guna menghadiri Musyawarah Besar IWO.

“Tentunya kami akan menunggu arahan dari pusat tentang program-program apa yang harus dilakukan di daerah. Yang jelas, kami pasti akan terus mensosialisasikan IWO di seluruh Sumsel,” ujarnya.

Lanjut Sonny, IWO Sumatera Selatan menargetkan di tahun 2018 akan terbentuk IWO di 17 kabupaten dan kota di provinsi ini.

“Selain pelantikan IWO Sumatera Selatan, DPP IWO Pusat juga melantik pengurus IWO Kota Palembang, Ogan Komering Ilir, dan Ogan Komering Ulu Selatan. Kedepannya, kita persilakan siapa saja yang ingin bergabung dengan IWO tidak ada syarat khusus, yang terpenting adalah wartawan online aktif di perusahaan media dan mau berorganisasi,” dijelaskannya.

Bicara soal pesta demokrasi 2018 dan 2019? Dengan lugas Sonny menjawab, bahwa IWO akan bersikap netral dan independen.

“Pastinya kami menginginkan semua wartawan yang tergabung di IWO selalu menyuguhkan berita faktual bukan hoax,” tutupnya.

Acara pengukuhan dan pelantikan pengurus IWO masa bakti 2017-2022 dihadiri Ketua Kode Etik IWO Sumsel Fir Azwar dan Ketua Kode Etik IWO Palembang Anwar Putra Bayu. Di samping itu, juga hadir Wakil Ketua DPRD Sumsel Muhammad Yansuri, Ketua DPD Hanura Mularis Djahri, dan Lury Eliza Alex Noerdin selaku Duta Anti Narkoba Sumsel. (RS DJAFAR)