PALEMBANG,HS – Kegiatan non fisik dalam rangkaian Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 0418/Palembang mulai dilakukan. Kali ini, ratusan warga Kampung Pulokerto, Kecamatan Gandus mendapatkan wawasan kebangsaan terkait bela negara di Posko TMMD 104, Kodim 0418/Palembang, Jumat (01/03/2019).

Pemberian materi wasbang sendiri langsung dilakukan oleh Danramil 418-07/Sukarami, Mayor Inf Heri Bertus.

Dalam kesempatan tersebut, Mayor Heri menjelaskan, Dasar Negara Indonesia adalah Pancasila. Pancasila sebagai pemersatu bangsa terhadap beragamnya. Dari sini, jika Sumber Daya Alam (SDA) dikelola dengan baik akan mensejahterakan rakyat, namun jika kekayaan alam itu juga bisa merangsang negara Super Power untuk menguasai dan mengeruk kekayaan itu dengan cara apapun. 

“Cara yang paling tren, mereka lancarkan untuk memuluskan motifnya adalah dengan cara memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa, melalui penebaran isue SARA, HAM, Hoax maupun peredaran Narkoba,” jelasnya.

Untuk itulah, sambung Mayor Heri, TMMD berupaya menepis keterisoliran masyarakat yang berdampak pada ketertinggalan masyarakat tersebut terhadap pendidikan. 

“Masyarakat yg tertinggal pendidikannya, bukan berarti mereka tidak cinta tanah air, tapi mereka akan kecolongan informasi tentang ulah dan niat jahat negara lain. Masyarakat merasa tidak ada apa-apa terhadap wilayah atau negaranya, karena terbatasnya informasi. Tetapi dengan dibangunnya jalan dan prasarana lain melalui TMMD melancarkan anak-anak bisa sekolah dengan baik,” jelasnya.

Berbekal Pendidikan itulah, sambung dia, masyarakat akan senantiasa mawas dan mampu melihat tanah airnya secara utuh. “Dengan demikin secara implisit TMMD yang dicanangkan oleh TNI dan didukung oleh Pemda setempat, progresnya adalah melahirkan jiwa Nasionalisme dan Patriotisme Bangsa,” jelasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, untuk menjamin tetap tegak berdirinya NKRI yang begitu luas dan kaya SDA itu harus berdaulat, bersatu di bawah panji Pancasila. Maka, sosialisasi 4 Konsensus Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI & Bhinneka Tunggal Ika ), yang merupakan kegiatan Non Fisik dari TMND, senantiasa urgen disampaikan kepada masyarakat sekitar sasaran TMMD, supaya mereka semakin terbuka wawasannya dan makin cinta terhadap Bangsanya (NKRI).